Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Yuk, Kenali Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Internet

Nov 9, 2023

Jaringan komputer dan internet adalah dua hal yang saling berkaitan dan memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan modern di era digital seperti saat ini.

Pada dasarnya, jaringan komputer merupakan dasar dari internet. Adapun internet menjadi jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia.

Jaringan komputer telah mengalami perkembangan pesat dari awalnya berupa jaringan lokal (LAN) di dalam gedung hingga jaringan global (WAN). Berkembangnya jaringan komputer memungkinkan kamu memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi. 

Dengan menggunakan jaringan internet, komputer dan perangkat lain yang saling terhubung bisa saling berkomunikasi dan berbagi data. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti streaming video, bermain game online, dan bekerja dari jarak jauh dengan lebih mudah.

Agar lebih memahami kegunaan dari jaringan komputer dan internet, kamu perlu memahami jenis-jenisnya dalam pembahasan di bawah ini.

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan perangkat komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi data. Berdasarkan jangkauannya, jaringan komputer dan internet dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer dalam area terbatas, seperti dalam satu gedung, kantor, atau kampus. Umumnya, jaringan komputer LAN masih menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer-komputernya.

Jaringan LAN menawarkan berbagai kelebihan, seperti kecepatan transfer data tinggi, keamanan data, dan biaya instalasi dan perawatan yang relatif rendah. Namun, LAN memiliki cakupan area yang terbatas dan rentan terhadap gangguan elektromagnetik.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan komputer yang kedua ini menghubungkan komputer-komputer dalam area yang lebih luas dari LAN, namun masih lebih kecil dari jaringan WAN. Jarak jangkauan MAN biasanya berkisar antara 10-50 kilometer.

Fungsi utama jaringan MAN adalah untuk menghubungkan berbagai LAN dalam suatu kota atau wilayah metropolitan. Jaringan MAN juga dapat digunakan untuk menyediakan akses internet ke pengguna dalam suatu kota atau wilayah metropolitan.

3. Wide Area Network (WAN) 

Selanjutnya ada jenis jaringan WAN yang menghubungkan komputer-komputer dalam area yang sangat luas, seperti dalam satu negara atau benua. WAN biasanya menggunakan jaringan telekomunikasi, seperti jaringan telepon atau jaringan satelit untuk menghubungkan komputer-komputernya.

4. Personal Area Network (PAN)

PAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan perangkat komputer dalam jangkauan personal, seperti komputer, smartphone, dan printer. Jaringan PAN biasanya menggunakan teknologi wireless, seperti Bluetooth dan WiFi.

Contoh penggunaan jaringan komputer dan internet PAN adalah untuk menghubungkan komputer dengan printer, menghubungkan smartphone dengan perangkat audio, atau menghubungkan perangkat game dengan perangkat layar

5. Wireless Local Area Network (WLAN)

Jaringan komputer wireless local area network (WLAN) adalah jaringan komputer nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat dalam area terbatas, seperti rumah, kantor, atau sekolah.

Dibandingkan jaringan komputer kabel, WLAN menawarkan berbagai keunggulan seperti fleksibilitas dan kemudahan instalasi.

Dari kelima jenis jaringan komputer dan internet di atas, jenis jaringan yang paling umum digunakan saat ini adalah LAN dan WAN. LAN digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer di dalam suatu organisasi atau perusahaan, sedangkan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan LAN yang terpisah.

Manfaat Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer dan internet memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik dalam bidang pendidikan, bisnis, maupun hiburan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan komunikasi

Manfaat jaringan komputer dan internet yang paling utama adalah untuk komunikasi antar pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Dengan jaringan komputer, kamu dapat saling bertukar informasi dan berkomunikasi secara real time melalui berbagai media, seperti email, pesan instan, konferensi video, dan media sosial.

2. Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya jaringan komputer dan internet, kamu dapat meningkatkan produktivitas. Sebab, jaringan komputer dan internet memungkinkan kamu untuk mengakses informasi dan sumber daya dengan cepat dan mudah. 

Sebagai pengguna, kamu dapat menggunakan jaringan komputer dan internet untuk mengerjakan tugas, belajar, dan menghasilkan karya yang bisa diakses secara online.

3. Memudahkan akses informasi

Salah satu manfaat utama jaringan komputer dan internet adalah untuk memudahkan akses informasi dari berbagai sumber, baik lokal maupun global. Kamu bisa mengakses berbagai informasi, seperti berita, artikel, penelitian, dan hiburan.

Jaringan komputer dan internet memungkinkan informasi untuk dibagikan secara cepat dan mudah. Hal ini membuat informasi yang tersedia di selalu up-to-date.

4. Membuka peluang bisnis

Kehadiran jaringan komputer dan internet juga membuka pintu bagi e-commerce dan bisnis online. Saat ini ada banyak usaha kecil yang memanfaatkan jaringan komputer dan internet untuk menjual produk secara online.

Pastikan kamu memilih koneksi internet yang sesuai dengan kebutuhan. Biznet Home bisa jadi salah satu pilihan bagi kamu yang butuh koneksi internet cepat dan berkualitas dengan harga terjangkau

Biznet Home adalah solusi internet rumah yang menawarkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil, tanpa batasan kuota. Didukung teknologi fiber optic, layanan WiFi dari Biznet Home dapat mengakomodasi berbagai aktivitas digital, dari streaming video hingga bermain game online.

Dengan kisaran harga paket WiFi mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 800.000 per bulannya, kamu bisa memilih paket internet yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan keluarga kamu. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang pilihan paket internet Biznet Home yang premium dan stabil? Kunjungi halaman ini untuk menemukan layanan WiFi rumahan terbaik yang dapat mendukung semua aktivitas digitalmu. Yuk, #PakeBiznet untuk akses internet lebih Cepat!