Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

WiFi Tidak Bisa Terhubung ke Laptop? Inilah Hal yang Harus Dilakukan

Apr 13, 2023

Saat hendak mengerjakan tugas online, ternyata WiFi yang ada di rumah tidak bisa tersambung dengan laptop ataupun telepon seluler. Tidak perlu panik, karena hal ini memang cukup sering terjadi. Ada cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa terhubung  ke laptop maupun HP,  yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Situasi pandemi memang memaksa sebagian besar masyarakat untuk beraktivitas di rumah saja. Kegiatan belajar, sekolah, hingga sosial berlangsung secara daring. Sebagian besar rumah akhirnya memasang WiFi karena  Internet telah menjadi kebutuhan utama. Namun, terkadang terdapat masalah yaitu WiFi tidak terhubung sehingga menyebabkan tidak ada koneksi Internet.

Pada beberapa kondisi memang terkadang terdapat masalah ketika WiFi terhubung tapi tidak bisa menggunakan Internet di laptop. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya jaringan yang sedang terganggu atau perangkat yang sedang bermasalah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Reset Koneksi Laptop Saat Tidak Bisa Connect ke Wifi

Periksalah apakah terdapat keterangan “Limited Access” pada jaringan WiFi di laptop kamu. Jika hal ini yang terjadi, maka kamu harus melakukan reset koneksi laptop agar bisa terhubung dengan WiFi.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab adanya limited access tersebut. Bisa jadi karena masa berlaku IP Address yang kamu dapatkan dari Access Point telah habis. Bisa juga karena posisi laptop yang terlalu jauh dari lokasi Access Point sehingga laptop sulit menangkap sinyal WiFi. 

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada jaringan Internet di laptop adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada menu “Start” lalu carilah menu “Control Panel”, kemudian pilih tab “Network and Internet. 
  2. Selanjutnya silakan pilih ”Network and Sharing Center”. Pada menu ini, kamu akan menjumpai “Basic Network Connections” yang memiliki beberapa menu akses.
  3. Lanjutkan dengan meng-klik “Manage Wireless Networks”.
  4. Setelah membuka jendela “Manage Wireless Networks”, kamu akan melihat tampilan beberapa cache dari data WiFi yang pernah digunakan. Hapuslah semua data cache ini dengan klik “Remove”.

Cek Pengaturan Internet di Laptop

Kamu bisa melakukan cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa terhubung ke laptop dengan memeriksa pengaturan Internet di laptop. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa keberadaan jaringan WiFi pada laptop. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap pengaturan Internet yang ada di laptop.

Langkah awal cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa terhubung ke laptop adalah dengan memperhatikan ikon notification area pada laptop. Ikon ini terletak di bagian pojok kanan sebelah bawah dari layar laptop kamu. Apakah muncul tanda seru berwarna kuning pada ikon tersebut? Jika muncul tanda seru, artinya perangkat laptop tidak terhubung dengan jaringan Internet

Install Ulang Driver WiFi di Laptop

Apabila sudah melakukan cara tersebut di atas namun jaringan masih belum tersambung juga, mungkin ada yang salah dengan driver WiFi milikmu. Maka cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa connect adalah dengan melakukan install ulang pada driver tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada menu “Start” yang terletak di pojok kiri bawah desktop lalu pilih “Manage”.
  2. Pilih “Device Manager” kemudian carilah “Network Adapter”.
  3. Jika terdapat tanda seru berwarna kuning pada menu ini, artinya ada kesalahan yang terjadi pada driver WiFi.
  4. Temukan tab “Hardware WiFi” yang terletak di bawah “Network Adapter”.
  5. Klik kanan tab “Hardware WiFi” lalu pilih “Uninstall”.
  6. Klik kanan kembali lalu pilihlah tab “Scan for Hardware Changes”. Ketika kamu memilih tab ini, laptop akan melakukan install ulang driver WiFi secara otomatis.
  7. Setelah selesai, tutup semua tab dan hubungkanlah laptop ke WiFi, lalu cek koneksinya.

Mengubah Salurannya

Selama masih muncul tanda seru tersebut pada laptop kamu, maka jaringan WiFi tidak akan bisa tersambung. Cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa terhubung yaitu dengan mengubah salurannya. Ikuti langkah-langkah jitu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Klik ikon “Start” lalu masuk ke menu “Control Panel”. Lanjutkan ke menu “Network and  Internet”.
  2. Klik “Network and Sharing Centre”, kemudian lanjutkan ke menu ”Change Adapter Setting”.
  3. Klik kanan pada menu “Wireless Connection”, kemudian pilih “Properties”.
  4. Kamu akan menjumpai tab “Networking”, carilah tab “Internet Protocol Version 4” lalu klik sebanyak dua kali.
  5. Pilihlah “Obtain IP Address Automatically” dan dilanjutkan dengan “Obtain DNS Server Address Automatically”, lalu klik “OK”.
  6. Restart laptop dan periksa kembali apakah masih tanda seru tersebut masih muncul. Apabila masih muncul tanda seru, maka lanjutkan dengan cara berikutny.
    Apakah kamu sudah cukup jelas mengenai cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa  connect dengan laptop di atas?

Supaya kamu bisa terus merasakan koneksi Internet yang cepat dan stabil di rumah, kamu bisa memilih layanan dari Biznet Home. Dengan paket layanan yang menarik, Biznet Home bisa akan jadi partner yang tepat untuk menemani kamu berselancar di Internet, apapun tujuan penggunaannya. Kamu bisa segera memilih salah satu paket di antaranya dan hadirkan Internet WiFi cepat dan stabil dari Biznet Home di rumah kamu. #PakeBiznet sekarang juga!