Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

WiFi Sering Mengalami Gangguan? Coba Ikuti Cara Reset Router Berikut ini

Apr 28, 2023

Salah satu hal yang paling ingin kita hindari ketika berselancar di dunia maya adalah koneksi Internet yang terganggu ataupun terputus. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena faktor dari luar seperti keadaan cuaca ataupun faktor dari dalam seperti  router atau perangkat yang bermasalah. Bila masalah ini terjadi karena cuaca, tentu kita hanya bisa berharap keadaan bisa kembali seperti semula. Namun jika masalah ini terjadi akibat router yang bermasalah, maka cara paling mudah adalah dengan me-reset router tersebut. Ikuti cara reset router berikut ini agar kamu bisa kembali menggunakan Internet dengan nyaman.

Router merupakan sebuah perangkat keras yang kita gunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda. Proses pengiriman data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya akan disebut dengan routing.

Router akan selalu aktif bekerja dan menyala sepanjang waktu agar koneksi jaringan Internet dapat tersedia setiap waktu.Maka, akan sedikit sulit untuk mengistirahatkan perangkat yang satu ini. Terkadang penggunaan tanpa henti inilah yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan koneksi. Jika hal ini terjadi, kegiatan me-reset router perlu sekali dilakukan. Dan berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

Reboot Router Kamu

Bila koneksi kamu terganggu dan sepertinya  router tidak merespon, cukup reboot router  kamu. Matikan dan nyalakan kembali. Cara seperti ini biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah koneksi ini. Namun jika router kamu tetap tidak merespon, maka lakukan cara kedua dan ketiga berikut ini.

Hard Reset / Menekan Tombol Reset di Belakang Router

Disaat modem/router sedang menyala, tekan dan tahan tombol reset pada bagian belakang router sekitar 6 sampai 10 detik. Setelah itu lepaskan tombol reset dan tunggu perangkat untuk reboot secara otomatis. Coba kembali sambungkan perangkat kamu dengan WiFi tersebut.

Reset dengan Router Web Based Utility

Kamu juga bisa melakukan reset router melalui cara berikut ini:

  • Pastikan bahwa router dalam keadaan menyala.
  • Sambungkan komputer atau laptop dengan router melalui kabel LAN
  • Buka browser kamu
  • Masukkan Alamat IP default 192.168.1.1 ke dalam address bar
  • Isi username dan password login kamu
  • Masuk ke halaman System tool
  • Pilih sub menu Factory Default
  • Silakan klik pada tombol Restore
  • Jika kamu melihat dialog konfirmasi, klik tombol OK

Setelah proses ini selesai, maka router kamu akan kembali ke dalam pengaturan pabrik, dengan username dan password default, yaitu Admin. Kembali login ke alamat 192.168.1.1 dan lakukan pengaturan sesuai yang kamu inginkan.

Dengan melakukan berbagai cara reset router di atas, semoga saja jaringan Internet kamu dapat kembali berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan koneksi Internet yang cepat dan stabil, pastinya  kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat WiFi Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet cepat dan stabil di rumah kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!