Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

WiFi Kamu Sering dibobol? Inilah Cara Memblokir Perangkat yang Terhubung ke WiFi Kamu

Apr 5, 2023

WiFi pada dasarnya adalah sebuah jaringan yang bisa digunakan secara bersama-sama pada berbagai perangkat. Karena itu, tidak heran jika akan ada banyak user yang terhubung dengan WiFi yang sama. Apalagi jika kamu memasangnya di rumah, ayah, ibu, kakak, adik akan terkoneksi ke WiFi agar bisa mengakses Internet. Namun, apakah kamu pernah menemukan orang lain yang tidak dikenal menggunakan WiFi yang dipasang di rumah kamu? Jika iya, kamu harus tahu cara memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi agar dapat mengatasi hal yang satu ini.

WiFi yang dibobol atau digunakan secara tidak bertanggung jawab akan menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah melambatnya kecepatan jaringan yang akan sangat mengganggu pengalaman berselancar di dunia maya. Terlebih lagi jika kamu membutuhkan Internet untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Selain Internet yang melambat, kejadian akses WiFi yang digunakan tanpa izin ini bisa saja digunakan oleh pencuri untuk mencuri bandwidth atau akses nirkabel ke perangkat kita yang terhubung dengan WiFi. Mereka bisa saja mengambil data atau menanam virus pada komputer dan ponsel yang terhubung dengan WiFi.

Untuk bisa menghindari hal ini, ada beberapa cara memblokir pengguna WiFi lainnya, yaitu dengan cara memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi berikut ini.

Cek Kondisi Aktivitas WiFi Kamu

Cara yang paling gampang adalah dengan memutus koneksi dari seluruh perangkat yang ada di rumah, lalu cek lampu indikator pada router kamu. Bila masih berkedip berarti ada seseorang yang tidak kamu kenal sedang menggunakan WiFi kamu.

Cara lainnya adalah dengan pengecekan pada DHCP atau Dynamic Host Client Protocol. Ini merupakan daftar berbagai perangkat yang pernah terhubung ke router. Pastikan kembali alamat MAC (media access control) yang merupakan indikator bahwa sebuah perangkat sudah pernah terkoneksi dengan jaringan WiFi pada router kamu. Dengan alamat IP dan list dari MAC, lengkapi juga dengan SSID atau Service Set Identifier yang mengidentifikasi jaringan nirkabel, kamu akan lebih mudah menemukan identitas pengguna WiFi yang tidak kamu kenal ini.

Atur Perangkat yang Bisa Terkoneksi Dengan WiFi Kamu

Kamu juga bisa mengatur daftar whitelist atau daftar perangkat yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan WiFi kamu melalui MAC address. Seperti yang kita ketahui MAC address merupakan identitas dari perangkat yang pernah terhubung dengan WiFi yang kamu miliki, sehingga dengan memfilter MAC address dari perangkat yang kamu kenal, kamu akan bisa membuat daftar perangkat mana saja yang bisa menggunakan jaringan WiFi yang kamu miliki.

Bentuk MAC address ini adalah sebaris angka dan huruf yang memiliki format seperti ini xx:xx:xx:xx:xx:xx. Langkah untuk melakukan  filtering MAC address adalah:

  • Login admin router kamu melalui browser
  • Pilih opsi Security
  • Aktifkan tabel MAC Filtering Enable
  • Pilih Blacklist lalu Add Device
  • Masukan MAC address yang tidak kamu kenal
  • Pilih 0 dan 0 pada kolom Start Time, beserta 24 dan 0 pada kolom End Time
  • Klik Disable
  • Lalu klik OK, Save atau Apply

Itulah cara memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi, jika kamu menemukan orang yang tidak dikenal mengakses WiFi milikmu. Dan untuk mendapatkan koneksi jaringan Internet  WiFi yang Cepat dan Stabil, pastinya  kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet WiFi dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet WiFi cepat dan stabil di rumah kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!