Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Wifi di Rumah Lemot? Ketahui Cara Mengatasinya!

Jul 14, 2023

Wifi yang lemot bisa mengganggu pekerjaan dan berbagai aktivitas berselancar di internet. Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasi wifi lemot berikut ini!

Wifi merupakan teknologi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas memerlukan koneksi internet yang stabil. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan, streaming video hiburan, pendidikan, menyelesaikan tugas, dan aktivitas berselancar di internet lainnya. Namun, tidak jarang terjadi masalah dengan wifi seperti lemot, lambat, atau koneksi yang tidak stabil. Apa sebenarnya penyebab wifi menjadi lemot dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab wifi lemot

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa koneksi Wifi dapat menjadi lemot atau lambat.

1. Jarak dan hambatan 

Wifi memiliki jangkauan yang terbatas, jika kamu berada terlalu jauh dari router atau akses poin, maka sinyal wifi akan melemah. Selain itu, jika terdapat banyak hambatan fisik seperti dinding tebal atau perabotan besar di sekitar router juga dapat mengakibatkan koneksi yang tidak stabil dan lemot.

2. Adanya interferensi

Jika kamu tinggal di lingkungan dengan banyak jaringan wifi juga dapat menyebabkan koneksi menjadi lemot. Hal ini disebabkan karena adanya interferensi atau gangguan saling mengganggu antara jaringan wifi yang berdekatan. Ketika banyak jaringan wifi yang menggunakan saluran yang sama atau saluran yang tumpang tindih, maka kecepatan dan stabilitas koneksi wifi dapat terpengaruh. 

3. Terlalu banyak perangkat terhubung

Alasan selanjutnya kenapa wifi jadi lemot adalah karena terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan wifi. Hal ini karena terjadi peningkatan beban atau traffic jaringan yang harus ditangani router atau akses poin wifi.

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan wifi menggunakan sebagian dari total bandwidth yang tersedia. Nah, semakin banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan, maka bandwidth yang tersedia untuk setiap perangkat akan menurun. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya penurunan kecepatan koneksi wifi.

4. Kondisi router wifi

Kondisi router yang buruk juga dapat menjadi penyebab jaringan wifi menjadi lemot. Misalnya, router yang terlalu panas (overheating) karena tidak mendapat sirkulasi udara atau ventilasi yang baik. Overheating bisa menyebabkan penurunan kinerja router karena dapat memengarhi komponen internal router dan mengganggu sinyal wifi. 

Tidak hanya itu, firmware juga perlu diperbarui, jika tidak dapat menimbulkan masalah keamanan, kinerja yang buruk, atau fitur yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, perbarui firmware secara teratur untuk membantu meningkatkan kinerja router wifi.

5. Masalah dengan penyedia layanan internet (ISP)

Terkadang, masalah wifi lemot juga dapat disebabkan dari sisi penyedia layanan internet. Jika terdapat masalah dengan jaringan atau infrastruktur ISP, maka koneksi internet yang disediakan ke router wifi akan terpengaruh dan mengganggu kinerja jaringan firi. 

Cara mengatasi wifi lemot

Jika kamu mengalami masalah dengan koneksi wifi yang lemot, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasinya:

1. Periksa kecepatan internet

Coba lakukan tes kecepatan internet menggunakan situs web atau aplikasi yang memungkinkan kamu mengukur kecepatan unduh dan unggah. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa paket internet yang kamu dapatkan sesuai dengan biaya langganan. Jika ternyata kecepatan internet yang kamu dapatkan berada di bawah paket langganan kamu, segera hubungi penyedia layanan internet untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Periksa posisi dan lingkungan router

Pastikan router wifi diletakkan di tempat yang strategis dan bebas dari gangguan fisik seperti dinding yang tebal. Letakkan router di ruangan yang paling sering digunakan, bebas hambatan, atau pusat rumah. Hindari meletakkan router di dekat dinding tebal, peralatan elektronik yang dapat menghasilkan gangguan, atau benda-benda logam yang dapat menghalangi sinyal.

3. Restart router

Matikan router wifi kamu selama beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Me-restart router dapat membantu memulai ulang koneksi dan membersihkan sementara cache atau masalah lain yang mungkin terjadi pada router.

4. Periksa perangkat terhubung

Pastikan tidak ada perangkat lain yang menggunakan banyak bandwidth pada saat yang bersamaan. Aktivitas yang memakan bandwidth seperti mengunduh file dengan ukuran besar, streaming video HD, atau bermain game online dapat mempengaruhi kecepatan wifi. Oleh karena itu, coba batasi jumlah perangkat yang terhubung atau coba atur prioritas penggunaan bandwidth pada router kamu jika fitur tersebut tersedia.

5. Perbarui firmware router

Periksa apakah ada pembaruan firmware yang tersedia untuk router kamu. Pembaruan firmware ke versi terbaru dapat memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan meningkatkan kinerja router wifi. Periksa pada situs web produsen router untuk informasi terkait pembaruan firmware yang mungkin tersedia.

6. Gunakan repeater atau extender wifi

Jika jangkauan sinyal wifi menjadi penyebab koneksi lemot atau tidak stabil, pertimbangkan untuk menggunakan repeater atau extender wifi untuk memperluas cakupan jaringan. Dua alat ini dapat membantu memperkuat sinyal wifi dan meningkatkan jangkauan sinyal.

7. Gunakan kabel ethernet

Apabila kamu memiliki perangkat yang tetap berada di satu tempat seperti PC atau TV, coba pertimbangkan untuk menggunakan kabel Ethernet langsung ke router. Koneksi dengan kabel ini cenderung lebih stabil dan dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi. 

8. Hubungi penyedia layanan internet

Jika semua langkah di atas sudah kamu coba tapi wifi masih lemot, mungkin terdapat masalah lain yang perlu ditangani oleh penyedia layanan internet. Karena itu, hubungi penyedia layanan internet untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 

Itulah pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi wifi lemot. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan, ya. Biznet Home merupakan provider internet terbaik untuk kebutuhan di rumah dengan paket variatif sesuai keutuhan.