Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips Mudah Memilih Internet Apartemen Sesuai Kebutuhan

Jul 12, 2023

Berencana memasang wifi sendiri di apartemen agar internetan lebih stabil dan lancar? Jangan buru-buru, yuk simak 8 tips memilih internet apartemen berikut ini!

Bagi kamu yang tinggal di apartemen, mungkin sering mengalami koneksi internet yang lambat karena banyak penghuni yang menggunakan internet secara bersamaan. Kondisi ini tentu menghalangi kamu mengakses berbagai layanan online, hiburan, atau menyelesaikan pekerjaan. Di beberapa apartemen sudah menyediakan infrastruktur jaringan yang terpusat untuk seluruh bangunan, tapi kamu bisa memasang wifi sendiri. Jadi, setiap unit bisa memiliki router dan akses internet sendiri. Berikut adalah tips memilih internet yang cocok untuk apartemen. Baca terus, ya!

1. Kecepatan internet

Apakah kamu memiliki banyak aktivitas online di apartemen seperti bekerja, streaming video HD, atau bermain game online? Jika iya, maka kamu butuh kecepatan internet yang tinggi untuk mendukung semua aktivitas tersebut. Namun, jika kamu menggunakan internet untuk keperluan sehari-hari seperti berkomunikasi, mengirim email, browsing web, dan bermain sosial media. Kamu bisa menggunakan kecepatan internet yang rendah atau tidak terlalu tinggi. Kecepatan internet biasanya memengaruhi harga yang ditawarkan penyedia layanan internet. Tentu kamu enggan membayar tagihan yang besar untuk sesuatu yang tidak sesuai kebutuhan, bukan? 

2. Jenis Koneksi Internet

Memilih jenis koneksi internet di apartemen membantu kamu untuk mendapatkan koneksi yang stabil dan sesuai kebutuhan. Ada beberapa jenis koneksi internet yang cocok digunakan untuk apartemen, berikut jenis dan penjelasannya: 

  • Fiber optic, jenis koneksi tercepat dan paling stabil. Ketersediaan koneksi fiber optic tergantung pada lokasi geografis dan infrastruktur yang tersedia di gedung. 
  • Kabel, koneksi internet menggunakan kabel  fisik seperti kabel koaksial atau kabel tembaga. Kabel juga memiliki kecepatan internet yang stabil dan baik. 
  • DSL (Digital Subscriber Line), jenis koneksi internet yang menggunakan jalur telepon untuk mengirimkan sinyal data digital melalui kabel tembaga. 
  • Wireless, koneksi nirkabel menggunakan teknologi 4G LTE atau 5G. Cocok untuk apartemen yang belum memiliki infrastruktur kabel atau DSL. 

Coba periksa ketersediaan jenis koneksi di daerah apartemen kamu untuk menentukan pilihan yang tepat. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih koneksi fiber optic atau kabel karena dapat memberikan kecepatan yang stabil untuk berbagai aktivitas sehari-hari. 

3. Penyedia Internet

Selanjutnya, lakukan riset penyedia internet yang menawarkan paket apartemen di daerah tersebut. Cek dan bandingkan penawaran yang diberikan oleh setiap provider mulai dari harga, variasi paket, kecepatan, daerah cakupan. Kamu bisa membaca informasi tersebut di website resmi mereka atau menelepon ke layanan pelanggan untuk menanyakan hal-hal yang ingin kamu ketahui. Jangan lupa untuk membaca review dari pengguna lain terkait pelayanannya, ya. Biasanya review seperti ini banyak di Twitter. 

Kamu cukup mengetik keyword di kolom pencarian maka akan muncul hasilnya. Misalnya kamu menulis “Review Biznet”, maka akan banyak unggahan yang menanyakan pendapat pengguna terkait Biznet dan kamu bisa membaca review di kolom komentar. 

4. Harga dan paket yang ditawarkan

Bandingkan harga dan paket yang ditawarkan oleh berbagai penyedia internet. Perhatikan biaya bulanan (apakah sudah termasuk PPN 11% atau belum), durasi kontrak, dan potensi biaya tambahan seperti biaya instalasi, biaya penghentian kontrak, dan biaya sewa perangkat ONT. Pilihlah paket yang menawarkan paket dan harga sesuai kebutuhan kamu. 

Biznet menawarkan variasi paket yang bisa kamu sesuaikan untuk kecepatan tinggi dan tidak terlalu tinggi. Banyak promo menarik juga yang bisa kamu dapatkan. Siapa, sih yang nggak suka promo? Cek promonya di BiznetHome.

5. Fitur Tambahan

Periksa juga apakah penyedia layanan internet menawarkan fitur tambahan seperti keamanan internet, layanan telepon, atau bundling dengan TV kabel. Jika kamu memang membutuhkan fitur tambahan seperti itu, maka pertimbangkan untuk penawaran yang diberikan penyedia layanan. Biasanya harga bundling akan lebih murah dibandingkan kamu berlangganan secara terpisah.

6. Fleksibilitas untuk upgrade 

Fleksibilitas untuk mengubah plan kecepatan internet penting karena memungkinkan kamu sebagai user untuk meningkatkan kecepatan sesuai kebutuhan. Kebutuhan internet bisa jadi berubah sewaktu-waktu, misalnya kamu memiliki anggota keluarga baru yang tinggal bersama di apartemen. Kondisi seperti ini membuatmu harus upgrade kecepatan internet agar mendukung semua aktivitas online. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu atau bertanya kepada layanan pelanggan terkait fleksibilitas dalam mengubah atau meningkatkan paket internet.

7. Batas penggunaan data

Beberapa penyedia layanan internet menerapkan batas penggunaan data bulanan. Nah, coba sesuaikan lagi dengan aktivitas menggunakan internet. Jika kamu memerlukan penggunaan data yang besar kamu bisa mencari penyedia layanan internet tanpa batasan atau unlimited. BiznetHome menyediakan kuota unlimited yang mendukung kamu melakukan berbagai aktivitas online bebas khawatir. 

8. Layanan pelanggan

Masalah terkait koneksi internet bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, pastikan bahwa penyedia layanan internet pilihan kamu menyediakan layanan pelanggan yang mudah dihubungi dan dapat diandalkan ketika terjadi masalah terkait wifi atau koneksi internet. Pastikan bahwa layanan pelanggan mereka dapat menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan umum terkait layanan internet.

Sebelum memasang wifi sendiri di apartemen jangan lupa untuk berkomunikasi dengan pengelola apartemen untuk memastikan kebijakan yang sudah ditetapkan. Hal ini untuk memastikan kamu tidak melanggar aturan dan menjaga hubungan baik dengan pengelola dan tetangga apartemen. Jika pengelola apartemen melarang pemasangan infrastruktur fisik, maka koneksi nirkabel seperti wifi portable bisa menjadi solusi pilihan. 

Nah, itulah 8 tips memilih internet apartemen yang tepat dan berkualitas untukmu. Semoga membantu ya. Kalau kamu masih mencari penyedia layanan internet yang tepat untuk apartemen, BiznetHome bisa jadi solusi. BiznetHome bisa dipasang di apartemen, lho. Tersedia layanan internet berkecepatan tinggi dengan pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk pakai BiznetHome untuk internet cepat dengan harga hemat. Pst, lagi banyak promo, jangan sampai kehabisan!