Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips Memilih Internet Rumah Terjangkau dan Berkualitas

Jul 13, 2023

Sedang mencari internet rumah terjangkau? Jangan hanya pertimbangkan harga, ikuti 10 tips berikut untuk menemukan internet rumah terjangkau dan berkualitas!

Internet dibutuhkan untuk mendukung berbagai kegiatan di rumah seperti berkomunikasi, hiburan, mengerjakan tugas bagi anak, dan kebutuhan lainnya. Memilih internet di rumah memang tidak sulit tapi membutuhkan pertimbangan agar sesuai kebutuhan. 

Saat ini terdapat banyak pilihan penyedia layanan internet. Sehingga sangat mungkin bagi kamu untuk menemukan penyedia internet rumah yang terjangkau tapi memiliki kualitas layanan yang baik. Berikut adalah tips memilih internet rumah terjangkau yang bisa kamu coba. Baca terus, ya!

  •  Tentukan kebutuhan

Pertama, coba tentukan kebutuhan internet di rumah. Berapa pengguna internet di rumah, aktivitas online yang sering dilakukan, dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan internet untuk kebutuhan sederhana seperti browsing web dan menggunakan media sosial, maka kamu tidak perlu kecepatan internet yang terlalu tinggi. Sebaliknya, jika penggunaan internet di rumah cukup besar seperti streaming video, bermain game online, atau kamu bekerja remote dari rumah, maka kamu membutuhkan kecepatan internet yang lebih tinggi. Jadi, rumahmu masuk kebutuhan internet yang mana? Tinggi atau rendah? 

  • Lakukan riset

Langkah penting selanjutnya adalah riset. Ini harus dilakukan dengan sabar dan perlahan. Coba periksa penyedia layanan internet apa saja yang mencakup daerah tempat tinggalmu. Kemudian, bandingkan paket harga yang ditawarkan masing-masing penyedia. Jangan lupa untuk membandingkan kecepatan, layanan, dan fitur-fitur lainnya. Perlu diingat jangan hanya melihat harga yang murah tapi perhatikan juga kualitas koneksi dan citra penyedia layanan internet.

  • Bandingkan paket internet

Periksa berbagai paket internet yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan. Perhatikan biaya bulanan, durasi kontrak, dan apakah ada biaya tambahan seperti biaya pemasangan atau biaya router. Dengan membandingkan ini, kamu bisa menyesuaikan penawaran dengan budget yang kamu punya. Jika kamu tidak mengetahui tentang router, sebaiknya cari penyedia layanan internet yang sudah menyediakan router, ya. 

  • Cek promo dan diskon

Salah satu yang disenangi banyak pengguna adalah diskon atau promo. Coba perhatikan diantara beberapa penyedia layanan internet, adakah yang menawarkan promo atau diskon khusus. Beberapa penyedia internet biasanya menawarkan harga khusus untuk jangka waktu tertentu atau terdapat paket bundling, misalnya dengan layanan TV kabel atau telepon rumah. Diskon atau promo ini bisa jadi kesempatan untuk mendapat nilai tambah dari layanan internet yang kamu pilih. Untuk promo bundling, kamu perlu mempertimbangkan lagi apakah perlu atau tidak. Jika dirasa tidak perlu maka kamu bisa mencari penawaran promo atau diskon lainnya. 

  • Pertimbangkan fleksibilitas

Ketika melakukan riset dan membandingkan keunggulan antara penyedia internet yang satu dan lainnya, jangan lupa memeriksa fleksibilitas. Maksudnya, kemudahan dalam mengubah atau meningkatkan paket internet apabila kamu mengalami perubahan kebutuhan di masa mendatang. Hal ini penting agar kamu bisa mengubah paket internet sesuai kebutuhan dan tidak terikat dengan paket yang kurang sesuai sampai kontrak selesai. Misalnya, awalnya kamu menggunakan paket internet dengan kecepatan rendah, lalu kamu mendapatkan pekerjaan yang remote, maka kamu perlu menaikkan kecepatan internet agar bisa bekerja dengan lancar, bukan?

  • Periksa syarat dan ketentuan

Selalu periksa syarat dan ketentuan dari setiap penyedia layanan internet yang masuk list pertimbangan. Biasanya di syarat dan ketentuan memuat informasi biaya seperti biaya bulanan, instalasi, dan biaya tambahan lainnya. Pastikan tidak ada biaya tersembunyi atau biaya tambahan yang dapat membuat budget membengkak. Baca juga dengan teliti mengenai durasi kontrak, biaya pemutusan kontrak, atau biaya lain yang mungkin timbul.

  • Ulasan dan reputasi

Ulasan pengguna dan reputasi penyedia layanan juga penting untuk diperhatikan. Ini memberi gambaran tentang kualitas internet dari penyedia berdasarkan pengalaman pengguna lain. Kamu bisa membaca ulasan di website atau Twitter untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Mulai dari kualitas layanan, penanganan kendala jaringan, layanan pelanggan, kebijakan, dan biaya. Apabila kamu menemukan banyak ulasan buruk terkait kualitas layanan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih penyedia layanan internet lainnya. 

  • Kebijakan pembatalan

Selain fleksibilitas untuk upgrade plan, kamu juga perlu mengetahui kebijakan pembatalan dari penyedia layanan internet. Pastikan kamu paham terkait biaya pembatalan atau konsekuensi lainnya jika kamu berhenti berlangganan layanan sebelum kontrak berakhir. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kamu tidak terjebak dalam layanan yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu yang lama. 

  • Cakupan daerah pelayanan

Ketika mencari internet rumah yang terjangkau, jangan lupa memastikan bahwa penyedia tersebut mencakup daerah atau wilayah tempat tinggalmu. Beberapa penyedia internet mungkin hanya berada di daerah tertentu.

Cakupan daerah pelayanan memengaruhi kecepatan internet yang bisa kamu dapatkan. Hal ini karena semakin jauh kamu dari titik akses atau pusat penyedia layanan internet, maka semakin lemah sinyal yang diterima.

  • Layanan customer 

Layanan konsumen atau customer service juga menjadi faktor penting yang harus kamu perhatikan. Pastikan penyedia layanan internet memiliki layanan yang responsif dan mudah dihubungi. Sehingga ketika kamu mengalami masalah terkait koneksi wifi, kamu dapat dengan mudah menghubungi mereka dan mendapat penanganan lebih cepat. 

Semoga beberapa tips di atas membantumu dalam menemukan internet rumah terjangkau dan berkualitas, ya. Jangan ragu untuk membandingkan terlebih dahulu, bertanya kepada penyedia layanan, dan membaca ulasan dari berbagai sumber untuk menemukan pilihan yang tepat. 

Jika kamu mencari internet rumah terjangkau, BiznetHome bisa jadi pilihan yang tepat. BiznetHome memiliki berbagai paket yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Dengan cakupan wilayah 180 kota/kabupaten di Indonesia, kamu bisa menikmati layanan internet cepat bebas gangguan di rumahmu. Yuk, langganan sekarang!