Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips: Cara Membatasi Penggunaan Mobile Data

Apr 27, 2023

Dengan menggunakan smartphone atau tablet, kamu bisa menonton video favorit di YouTube atau memainkan musik kesayangan kepanpun dan dimanapun. Tapi kesenangan tersebut akan dengan cepat menghabiskan kuota mobile data kamu, yang juga akan menghabiskan banyak biaya. Nah, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut tentang bagaimana mengatur penggunaan mobile data sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli paket mobile data:

Gunakan Wi-Fi untuk akses file berukuran besar

Untuk dapat memanfaatkan koneksi Wi-Fi secara efektif, pastikan kamu selalu menggunakannya saat mengunduh file berukuran besar. Beberapa file bisa berukuran hingga 100 GB, dan mengunduh file seperti ini menggunakan mobile data akan sangat boros. Hal ini juga berlaku apabila kamu menonton video streaming di jaringan 4G

Atur notifikasi

Kamu mungkin menerima banyak notifikasi dari aplikasi lain yang ada di smartphone atau tablet kamu, yang juga akan mengkonsumsi kuota mobile data. Beberapa notifikasi mungkin penting, namun notifikasi lainnya seperti update terbaru Candy Crush Saga, mungkin tidak terlalu penting. Jadi pastikan kamu mematikan notifikasi tersebut.

Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Mematikan aplikasi yang masih berjalan saat sudah tidak digunakan juga dapat menghemat konsumsi mobile data kamu. Aplikasi yang berjalan, terutama aplikasi penentu lokasi, akan terus memproses data bahkan saat perangkat kamu dalam keadaan terkunci. Hal ini tidak hanya akan menghabiskan kuota mobile data, namun juga mengkonsumsi baterai.

#PakeBiznet Lebih Cepat!