Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Simak! Cara Mengatasi WiFi Lemot dengan 4 Trik berikut

Mar 29, 2023

Internet telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari, dan WiFi adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengakses internet. Namun, terkadang WiFi kita menjadi sangat lambat dan menyebalkan. Hal ini dapat menyebabkan frustasi dan membuat kita kehilangan banyak waktu.

Hal ini juga bisa sangat menjengkelkan terutama saat kita sedang bekerja atau melakukan tugas online yang membutuhkan koneksi internet yang stabil. Berikut adalah 5 trik atau cara mengatasi WiFi lemot yang bisa kamu lakukan dirumah. Yuk simak! 

Periksa Posisi Router 

Posisi router kamu dapat mempengaruhi kecepatan koneksi WiFi kamu loh! Sebaiknya tempatkan router kamu di tempat yang terbuka dan terhindar dari objek yang dapat menghalangi sinyal WiFi, seperti dinding tebal, peralatan elektronik besar, atau perabotan rumah tangga yang menghalangi jangkauan sinyal WiFi.

Pastikan juga untuk memeriksa bahwa router kamu terletak di tengah rumah  dan jauh dari gangguan sinyal seperti microwave atau radio. Jika kamu tinggal di rumah yang lebih besar atau memiliki banyak dinding, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa router tambahan atau perluasan jangkauan WiFi agar dapat menjangkau seluruh area rumah.

Perbarui Firmware Router

Firmware atau sistem operasi pada router kamu juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi WiFi. Pastikan kamu selalu menggunakan versi firmware terbaru dari router kamu. kamu dapat memeriksa versi firmware di pengaturan router dan memperbarui firmware tersebut melalui situs web produsen atau aplikasi yang disediakan.

Ganti Channel WiFi

Jika kamu merasa bahwa koneksi WiFi masih juga lemot meskipun sudah memeriksa posisi router dan perbarui firmware, mungkin terdapat terlalu banyak perangkat yang menggunakan saluran WiFi yang sama. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba mengganti channel WiFi kamu.

Untuk mengganti channel WiFi, kamu bisa masuk ke pengaturan router dan mencari opsi untuk mengubah channel WiFi. Pilih channel yang lebih sedikit digunakan oleh perangkat di sekitar kamu. Jika masih kesulitan menentukan channel yang tepat, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk memindai jaringan WiFi yang tersedia dan menentukan channel yang paling sedikit digunakan.

Batasi Jumlah Perangkat yang Terhubung ke Jaringan

Jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kamu  juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi WiFi. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kamu, semakin lambat kecepatan internet yang bisa kamu rasakan. Oleh karena itu, batasi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kamu. Pastikan juga bahwa perangkat yang terhubung memiliki software yang terbaru dan tidak ada virus atau malware yang mengganggu.

Nah, itulah 4 trik agar jaringan WiFi kamu tidak lemot lagi. Akan tetapi selain cara diatas kamu juga harus memilih penyedia layanan jaringan Internet yang memberikan koneksi yang cepat dan stabil. Untuk itu jangan asal memilih provider layanan Jaringan Internet yang beredar dan jangan pula tergiur dengan harga yang murah. Salah satu provider Internet atau WiFi yang direkomendasikan adalah Biznet Home. 

Biznet Home adalah Provider Internet terbaik yang ada di Indonesia pada saat ini. Jaringan Internet WiFi yang didukung dengan teknologi terbaik dengan menggunakan Fiber Optic bisa menjamin jaringan WiFi kamu jadi lebih cepat dan stabil. Biznet Home juga memberikan layanan jaringan Internet mulai dari Rp. 250.000,- /bulan kamu sudah bisa mendapatkan kecepatan Internet Up to 30 Mbps yang tersedia di pulang jawa,bali, batam dan bangka. Tunggu apalagi segera pasang WiFi bulanan dari Biznet Home. 

#PakeBiznet Lebih Cepat!