Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Pahami Apa Itu Internet Lokal dan Keuntungannya

Nov 9, 2023

Apakah kamu pernah mendengar apa itu internet lokal? Istilah internet lokal seharusnya bukanlah hal yang asing bagi pengguna layanan internet. Sebab, hampir semua provider seluler di Indonesia menawarkan internet lokal.

Internet lokal menawarkan harga yang lebih terjangkau dan kapasitas yang lebih besar dibandingkan kuota nasional. Namun, internet lokal hanya bisa digunakan di wilayah tertentu, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya matang-matang sebelum membeli.

Agar kamu lebih paham dan tidak salah mengartikan apa itu internet lokal, mari simak pembahasan di bawah ini sampai tuntas.

Apa Itu Internet Lokal?

Banyak pengguna yang bertanya-tanya apakah paket internet lokal bisa digunakan di luar kota atau tidak. Sayangnya, paket internet lokal hanya bisa digunakan di kota tempat paket diaktifkan. 

Jika kamu berada di luar kota, kuota internet yang telah kamu beli tidak bisa digunakan. Kamu bisa memakainya lagi ketika kamu kembali ke tempat kamu membeli dan mengaktifkan paket internet tersebut.

Secara umum, internet lokal adalah kuota internet yang hanya bisa digunakan di wilayah tempat pelanggan mengaktifkan kuota wilayah-wilayah sekitarnya. Jangkauan wilayah internet lokal berbeda-beda tergantung dari kota tempat kamu melakukan aktivasi kuota dan jenis paket internet yang dipilih.

Dengan kata lain, jangkauan wilayah untuk kuota lokal ini terbatas dan tidak bisa dipakai di semua wilayah. Kamu perlu melihat detail penggunaannya pada ketentuan yang berlaku di paket yang dibeli untuk memastikannya.

Misalnya, kamu memiliki kartu SIM dengan kode wilayah Jakarta, maka kuota internet lokal yang kamu beli hanya bisa digunakan di dalam wilayah Jakarta saja. Wilayah dalam hal ini bisa berupa kota, provinsi, atau bagian tertentu dari sebuah provinsi tergantung kebijakan masing-masing provider.

Jenis-jenis Internet Lokal

Ada beberapa jenis internet lokal yang umumnya ditawarkan oleh provider seluler, antara lain sebagai berikut:

1. Kuota lokal unlimited

Jenis kuota lokal ini tidak dibatasi oleh batas pemakaian wajar (FUP). Artinya, kamu dapat menggunakan kuota lokal ini secara unlimited selama berada di wilayah yang ditentukan. Namun, perlu diingat bahwa kuota unlimited biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kuota lokal lainnya.

2. Kuota lokal reguler 

Kuota lokal terusan adalah jenis kuota internet lokal yang memiliki batasan kuota, tetapi tidak ada batas waktu penggunaan. Kuota ini akan terus aktif selama kamu masih berada di wilayah yang telah ditentukan.

Jenis kuota ini cocok untuk kamu yang membutuhkan akses internet untuk aktivitas digital ringan sehari-hari, seperti browsing, chatting, dan media sosial.

3. Kuota lokal terusan

Kuota lokal terusan biasanya menawarkan kuota besar dan masa aktif yang panjang. Hal ini menjadikannya pilihan bagi pelanggan yang membutuhkan akses internet yang lancar untuk berbagai keperluan.

Kuota yang ditawarkan berkisar antara 220 GB hingga 880 GB yang dapat digunakan selama 365 hari. Jenis kuota lokal terusan tidak memiliki batas waktu pemakaian, sehingga kamu dapat menggunakannya kapan saja selama berada di wilayah yang ditentukan.

Cara Menggunakan Internet Lokal

Penggunaan kuota Lokal tidak memerlukan pengaturan khusus. Kuota lokal akan digunakan terlebih dahulu sebelum kuota nasional, selama kamu masih berada di zona atau kota tempat paket diaktifkan. 

Jika nantinya kuota lokal habis, internet akan secara otomatis beralih ke kuota nasional atau memotong pulsa secara langsung sesuai dengan tarif yang berlaku jika tidak memiliki kuota lain. Pergantian kuota akan dilakukan secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu mengubah pengaturan paket.

Selain itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan internet lokal: 

  • Pastikan kamu berada di wilayah jangkauan internet lokal sebelum menggunakan kuota
  • Jika keluar dari wilayah jangkauan, maka kuota akan terpotong
  • Kamu dapat memeriksa jangkauan internet lokal dengan menghubungi provider seluler atau menggunakan aplikasi.

Jika ingin menggunakannya di luar area aktivasi, kamu bisa menggunakan aplikasi Fake GPS Location yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini akan membuat ponsel kamu terlihat berada di area aktivasi, sehingga kuota lokal bisa digunakan.

Setelah memahami apa itu internet lokal, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak. Jika ingin mendapatkan akses internet cepat dan berkualitas di rumah tanpa khawatir kehabisan kuota, pasang WiFi dari Biznet Home akan memberikan pengalaman internet cepat dan tanpa batas.

Dengan bandwidth hingga 250 Mbps dan kuota unlimited, Biznet Home memberikan pengalaman internet rumah yang lancar dan tanpa batas. Teknologi fiber optic yang digunakan menjamin kecepatan internet yang tinggi dan stabil, sehingga kamu dapat menikmati berbagai aktivitas digital dengan maksimal.

Biznet Home tersedia di wilayah Jawa, Bali, Batam, dan Bangka dengan harga mulai dari Rp 250.000 per bulan. Kamu bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 30 Mbps, lho! Tunggu apalagi? Ayo buruan #PakeBiznet sekarang juga untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat.