Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Menikmati Tayangan TV Internet dengan Layanan IPTV Terbaik

Apr 14, 2023

Memilih router WiFi sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan, karena akan berpengaruh langsung pada lancarnya jaringan Internet yang kamu pakai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan agar router yang dipilih benar-benar tepat dan berkualitas. Sebab sebenar-benarnya router adalah yang mampu menyebarkan sinyal WiFi dari provider pilihanmu dengan optimal.

Dengan membanjirnya produk-produk router dari berbagai produsen, penelitian kecil bisa kamu lakukan sebelum memutuskan router seperti apa yang akan dibeli. Informasi yang bisa kamu temukan juga cukup banyak, dan jika memungkinkan kamu bisa melihat terlebih dahulu review dari praktisi atau orang yang memahami hal ini.

Nah, untuk membantu pertimbanganmu dalam membeli router WiFi, kamu bisa melihat beberapa poin di bawah ini dulu. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Faktor Keamanan Router WiFi

Jaringan yang dipancarkan melalui router akan dapat dideteksi oleh perangkat yang ada disekitar perangkat tersebut. Jika tidak memiliki sistem ‘penyaringan’ yang tepat, bisa jadi perangkat yang terhubung akan terlalu banyak. Apa akibatnya? Penurunan kecepatan Internet karena harus dibagi secara merata ke setiap perangkat yang terhubung.

Pertimbangkan faktor keamanan pada router yang akan kamu beli. Pastikan kamu membeli router dengan sistem keamanan yang direkomendasikan (saat ini mungkin yang terbaik adalah WPA2). Untuk sistem keamanan sendiri ada beberapa jenis, diantaranya WPA2, WPA, dan WEP. Untuk kamu yang sudah berkeluarga atau kemungkinan ada anak kecil yang akan menggunakan WiFi, kamu juga bisa mencari router dengan fitur blokir IP, sehingga kamu bisa blokir situs-situs yang terlarang dan tidak boleh diakses oleh anak-anak.

Router dengan Fitur Dual-band

Pemilihan router dengan fitur dual-band sangat direkomendasikan agar jaringan Internet yang dipancarkan oleh router tersebut bisa lebih stabil. Frekuensi yang akan digunakan adalah pada 2.4Ghz dan 5.0Ghz. Namun kamu juga harus teliti, pasalnya tidak sedikit router yang menuliskan dual-band namun hanya dapat menggunakan satu jenis frekuensi pada satu waktu saja.

Lebih direkomendasikan, jika harus memilih apakah akan menggunakan frekuensi 2.4Ghz atau 5.0Ghz, untuk memilih router WiFi dengan frekuensi 5.0Ghz. Hal ini dikarenakan banyak perangkat lain yang menggunakan gelombang 2.4Ghz, yang mungkin saja bisa mengganggu koneksi Internet yang kamu punya. Dengan menggunakan frekuensi 5.0Ghz, WiFi yang dipancarkan tidak akan terganggu oleh gelombang dari perangkat lainnya.

Antena Internal atau Eksternal?

Nah, ini juga banyak menjadi pertanyaan, apakah lebih baik menggunakan router dengan antena internal atau eksternal?

Antena sendiri akan berfungsi meningkatkan jangkauan router sehingga Internet yang dipancarkan bisa dinikmati di titik yang lebih jauh. Jika berbicara mengenai jarak akses, maka antena eksternal lebih direkomendasikan. Idealnya, router dengan antena tipe ini dapat memancarkan gelombang lebih jauh, bahkan pada beberapa router yang berkualitas, sinyalnya bisa menembus penghalang yang cukup tebal.

Apa ini berarti router dengan antena internal tidak bagus? Tentu saja tidak. Kamu bisa memilih router dengan antena ini jika kamu mempertimbangkan estetika dan ruangan yang dimiliki tidak terlalu luas. Sinyal yang dipancarkan memang tidak sekuat router dengan antena internal, namun bentuknya pasti lebih estetis dan enak dipandang.

Pastikan Router Menggunakan Sistem 802.11n

Setiap router akan dilengkapi dengan sistem wireless yang digunakannya. Jika pada router produksi lama sistem yang digunakan adalah 802.11ac, maka sebaiknya kamu memilih router lebih baru yang menggunakan sistem atau teknologi 802.11n. Tapi sebenarnya apa bedanya?

Tentu saja sistem lebih baru memungkinkan router bekerja lebih optimal untuk terhubung dengan perangkat yang kamu pakai. Dengan harga yang sesuai, kamu bisa menikmati ‘pancaran’ sinyal WiFi dengan optimal sehingga kecepatan Internet yang diberikan ISP pilihan kamu bisa dinikmati secara maksimal.

Kapasitas Kecepatan Transmisi Router

Nah terakhir, pastikan juga kapasitas kecepatan transmisi router berada pada titik yang tepat, idealnya router akan memiliki range antara 350 sampai 1.900 Mbps. Tentu pemilihan router ini akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan penyedia layanan Internet yang kamu pilih, agar kecepatan maksimal yang diberikan benar-benar bisa dirasakan ketika kamu terhubung dengan Internet.

Setiap poin di atas wajib menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu benar-benar membeli router WiFi yang sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian sebenarnya kamu tidak perlu cemas, karena biasanya ketika kamu berlangganan layanan Internet rumahan, penyedia layanan akan menyertakan router yang sesuai dengan standar layanan mereka. Jika diperlukan, baru kamu bisa melakukan upgrade perangkat yang lebih baik.

Pada akhirnya router WiFi akan menjadi satu senjata utama dalam terhubung ke jaringan Internet. Semakin bagus kualitas router yang dipakai, maka semakin optimal pula layanan Internet yang akan kamu nikmati. Tentu saja, hal ini juga akan kembali pada kualitas jaringan Internet yang kamu pakai. Maka dari itu, selalu pastikan kamu menggunakan jaringan terbaik dari Biznet Home. Dengan jaminan kecepatan dan kestabilan jaringan, Biznet Home berkomitmen selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Segera pasang WiFi dari Biznet Home sekarang juga!