Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Mengetahui Apa Itu Bug dan Berbagai Jenisnya

Mar 24, 2023

Apa itu bug? Mungkin kamu termasuk yang jarang atau bahkan tidak pernah mendengar kata “bug”. Jika diartikan secara harfiah, bug adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti serangga. Namun di dalam dunia teknologi, tentu saja bug yang dimaksud bukan berarti serangga, melainkan gangguan yang cukup menjengkelkan. Penasaran dengan pengertian dan penyebab bug di dalam  website  atau  software? Berikut penjelasan selengkapnya.

Pada dasarnya, bug adalah error atau kerusakan yang terjadi sehingga menyebabkan  website  atau software tidak berjalan dengan seharusnya. Ada beberapa kerusakan yang biasanya muncul, seperti hang atau freezeblue screen, layar menjadi hitam, hingga tertutup dengan sendirinya.

Masalah yang disebabkan oleh bug memang sangatlah beragam. Namun efeknya cukup besar karena mengartikan ada yang salah di dalam software tersebut. Salah satu contoh bug yang paling terkenal di dunia adalah kemunculan layar biru ketika Bill Gates sedang menghadiri presentasi pengenalan Windows 98.

Masalah bug mungkin dapat diselesaikan dengan melakukan restart atau menutup  software terlebih dahulu. Namun masalahnya adalah, bug tidak hanya menyerang secara sesaat saja. Celah keamanan bisa terbuka berkat munculnya bug. Ketika masalah ini muncul, maka ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker untuk mencuri data diri pengguna hingga menanamkan  malware. Ada beberapa jenis bug yang bisa muncul di dalam komputer, yaitu:

Runtime bug

Bug ini terjadi ketika software menjalankan sesuatu yang sebenarnya tidak ada di dalam program.

Syntax bug

Bug ini berbentuk aturan penulisan kode komputer yang membuat kamu harus menulisnya secara benar. Jika salah satu karakter saja, maka perintah gagal dieksekusi.

Arithmetic bug

Bug ini terjadi karena software menjalankan kalkulasi sesuai perintah.

Logic bug

Bug ini muncul ketika software salah menjalankan perintah, sehingga outputnya tidak sesuai.

Interfacing bug

Bug ini muncul ketika ada API atau elemen berhubungan dengan tampilan yang tidak kompatibel, sehingga tak mampu dieksekusi.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu bug dan jenisnya yang perlu kamu ketahui supaya kamu terus berhati-hati ketika menggunakan perangkat kamu.

Selain informasi tentang bug, kamu juga harus tahu nih tentan Internet WiFi yang cepat dan stabil, yang bisa dukung segala aktivitas digital kamu di rumah. Ada Biznet Home, layanan Internet WiFi cepat dan stabil dengan harga yang terjangkau, kualitas yang terjamin, serta layanan konsumen yang selalu siap membantu.  Biznet Home bisa menjadi iInternet terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan ber-Internet kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!