Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Mengetahui Apa Itu 404 Not Found dan Cara Mengatasinya Pada Browser

Apr 11, 2023

Bagaimana cara mengatasi error 404 not found? Setiap orang pasti pernah menemukan halaman 404 not found atau server not found. Kalau sudah menemukan tulisan tersebut, apa yang biasanya kamu lakukan? Mencoba untuk melakukan refresh berulang-ulang kali, atau menutup browser kemudian membukanya kembali? Lalu, apakah cara tersebut berhasil?

Error 404 not found merupakan sebuah kode yang keluar ketika kamu sedang membuka sebuah halaman website yang tidak dapat ditemukan. Tampilan pesan error yang muncul dapat terlihat berbeda-beda, seperti 404 error, 404 Not Found, HTTP 404, dan lain-lain. Pesan error ini bisa terbaca dari berbagai jenis browser ketika halaman web yang sedang kamu buka tidak dapat diakses.

Error 404 not found adalah sebuah kode yang mengindikasikan kalau halaman yang ingin kamu akses sedang mengalami kendala. Tapi, pada umumnya kode 4XX menandakan bahwa error terjadi pada client-side.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi 404 not found tersebut? Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

Periksa URL yang Diinput

Pastikan alamat URL yang kamu masukkan sudah tepat. Kesalahan satu huruf saja atau kesalahan domain bisa membawa kamu kepada halaman 404 not found. Untuk mencegah terjadinya kesalahan penginputan URL, kamu bisa membuka halaman mesin pencari seperti Google, Bing, ataupun Yahoo terlebih dahulu dan masukkan nama website yang ingin dikunjungi. Setiap website yang sudah terdata di Internet, pasti akan terdaftar pada setiap mesin pencari yang ada sehingga kamu cukup mengklik link URL yang sudah tersedia di sana.

Refresh Halaman Website atau Restart Browser

Cara yang bisa kamu lakukan ketika menemukan halaman 404 not found adalah dengan melakukan refresh pada halaman website yang dikunjungi. Jika cara tersebut tidak bisa, maka kamu bisa menutup browser yang digunakan lalu buka kembali dan coba untuk mengunjungi URL sebelumnya.

Reset History Cache pada Browser

Tahukah kamu bahwa browser yang digunakan saat ini akan selalu menyimpan seluruh rekam jejak kamu di Internet dalam bentuk cache? Cache ini akan memudahkan pengguna ketika mereka ingin mengunjungi sebuah website yang sama lebih dari sekali. Ketika kamu mengunjungi sebuah website untuk pertama kalinya, biasanya website tersebut akan memakan waktu loading yang lama karena server website harus mengumpulkan data dari IP Address yang ingin mengunjungi website tersebut.

Setelah seluruh data perangkat kamu dikumpulkan dalam kunjungan website pertama dan dimasukkan dalam bentuk cache, maka untuk kunjungan website seterusnya, server website akan membaca informasi yang sudah ada dalam cache tersebut sehingga waktu loading atau muatan halaman pun akan jadi lebih cepat.

Ketika kamu menemukan 404 not found dari website yang ingin kamu kunjungi, maka bisa jadi ada masalah pada cache browser yang digunakan seperti cache sudah terlalu penuh dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan clear cache pada bagian pengaturan browser.

Jadi, sekarang kamu sudah mengerti bukan mengenai cara mengatasi error 404 not found? Setelah kamu memahami mengenai hal ini, kamu juga harus memastikan bahwa koneksi Internet yang kamu gunakan selalu aman, cepat dan stabil ya. Dan untuk dapat merasakan Internet yang seperti itu, pastinya kamu bisa langsung berlangganan Biznet Home. Dengan harga yang terjangkau dengan kapasitas bandwidth yang besar, kamu bisa mendapatkan pengalaman ber-Internet yang lebih berkualitas. Ayo #PakeBiznet sekarang untuk dukung segala aktivitas digital kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!