Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network), Cara Kerja

Apr 14, 2023

VPN adalah teknologi komunikasi untuk membantu kamu dapat terkoneksi dengan jaringan publik, sekaligus jaringan lokal. Menggunakan VPN sama dengan memiliki pengaturan ketika berada di jaringan LAN, padahal sebenarnya sedang memakai jaringan publik. Intinya, VPN membuat kamu dapat memiliki jaringan di dalam jaringan itu sendiri, namun bersifat virtual. Teknologi yang dimiliki VPN biasa disebut juga sebagai tunneling yang memiliki tiga bagian, yakni L2TP, IPSec (Internet Protocol Security) dan PPTP.

Banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan VPN demi bisa masuk ke dalam barisan website yang aksesnya diblokir. Cara ini sendiri terlihat wajar karena teknologi VPN tidak lagi sulit untuk diakses. Bahkan hanya dengan beberapa kali klik, kamu sudah bisa memiliki fitur VPN di dalam perangkat teknologi, seperti laptop dan smartphone. Ketika kamu sudah paham tentang VPN, kini saatnya kita membahas mengenai cara kerja VPN!

VPN memiliki cara kerja yang cukup simpel untuk dimengerti. Saat kamu sudah tersambung dengan Internet, maka itu mengartikan bahwa sudah terhubung dalam Internet Service Provider (ISP). Kemudian, ISP mampu menghubungkan kamu dengan beragam website untuk dikunjungi. Namun, seluruh lalu lintas Internet ini melalui server ISP sehingga mampu dilihat oleh ISP itu sendiri.

Tapi sebaliknya, ketika kamu menggunakan VPN, maka teknologi ini bisa membuat suatu  tunnel atau terowongan yang aman antara komputer dengan server.  Alamat IP  milik kamu dapat disembunyikan VPN. Dengan begitu, kamu dapat berselancar di dunia maya secara bebas dengan status anonim. Kemampuan VPN untuk mengenkripsi seluruh data lalu dikirimkan ke tunnel yang aman menjadi faktor utamanya.

Sebagai salah satu teknologi komunikasi, VPN bisa membantu kamu dalam berselancar dalam menggunakan Internet. VPN memiliki banyak fungsi diantaranya:

1. Meningkatkan Kecepatan Download

VPN sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan Internet. Salah satunya ketika kamu sedang melakukan proses download file dari Internet. Beberapa file yang ada di Internet juga terkadang memiliki ukuran yang sangat besar. Untuk mengatasi masalah ini, maka kamu bisa menggunakan VPN sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan download.

Kecepatan ketika berselancar dapat meningkat bisa terjadi ketika menggunakan VPN, karena kamu sebagai user seperti menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan Internet menjadi bertambah. Selain itu, dengan menggunakan VPN, kamu juga bisa terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di Internet, yang dapat meningkatkan kecepatan download.

2. Menyembunyikan Aktivitas Browsing

Fungsi VPN yang paling disukai banyak orang adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan privasi dalam melakukan  browsing serta mengakses konten yang penting serta tak boleh dilihat orang lain. Menutupi aktivitas browsing seperti menutupi alamat IP asli adalah fungsi VPN yang sangat berguna bagi pengguna. VPN dapat membantu untuk menutupi dan menyembunyikan aktivitas Internet yang sedang kamu lakukan.

3. Mengamankan Transaksi Online

VPN juga sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki bisnis online dan orang-orang yang sering bertransaksi secara online melalui jaringan Internet. VPN merupakan salah satu fitur yang wajib untuk diaktifkan, apalagi ketika kamu sedang berada di luar kota dan menggunakan akses Internet publik.

Saat ini pencurian data akan lebih mudah dilakukan kalau kamu seringkali menggunakan sumber Internet yang bersifat publik. Dalam menghindari terjadinya hal-hal seperti pembajakan nomor kartu rekening dan sebagainya, kita diwajibkan untuk memakai VPN dan sehingga walaupun memakai Internet yang bersifat publik, kita akan tetap aman dalam bertransaksi.

Teknologi VPN sangat membantu bagi pengguna Internet yang tinggal di negara dengan peraturan ketat, khususnya untuk mengutarakan pendapatnya dalam dunia maya. Dengan menggunakan VPN, maka rahasia data mereka tidak bisa dibobol dengan mudah oleh pihak-pihak lainnya. 

Nah, itulah pengertian, cara kerja dan manfaat penggunaan VPN. Berbicara tentang VPN kamu juga harus memiliki koneksi cepat dan stabil. Solusinya kamu bisa memilih provider Internet terbaik yaitu Biznet Home. Biznet Home bisa menjadi pilihan kamu karena  dengan jaringan luas dan koneksi Internet yang cepat dan stabil, semua kegiatan dan aktivitas digital kamu dijamin jadi makin lancar. Tidak akan kecewa pasang WiFi dari Biznet Home karena kecepatan download dan upload nya juga seimbang. Jadi, segera kunjungi website https://biznethome.net, lihat paket penawarannya, dan dapatkan paket terbaik untuk kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!