Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Mengenal Apa Itu Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apr 27, 2023

Pernahkah kamu mendengar tentang apa itu proxy? Saat ini, kita hidup di era digital dimana identitas kita rentan untuk dicuri. Pencurian data ini bisa terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal siapa kamu dan dimana kamu berada. Tidak hanya ketika menggunakan WiFi umum saja, ketika kamu menggunakan WiFi di rumah sendiri, pencurian data pun tetap bisa terjadi, mulai dari pencurian identitas sampai data pribadi seperti alamat IP. Di sinilah server proxy dapat bermanfaat untuk keamananmu ketika berselancar di Internet. Mungkin beberapa di antara kamu sudah kenal dengan server proxy yang paling sering digunakan yaitu VPN atau Virtual Private Network. Lalu, apa sebenarnya server proxy dan bagaimana server proxy dapat melindungi data pribadi kita? Simak penjelasan mengenai server proxy berikut ini!

Proxy atau server proxy merupakan sebuah sistem perantara antar jaringan. Berikut penjelasan contoh untuk kamu dapat memahami cara kerja dari server proxy:

Ketika kamu ingin mengunjungi sebuah website, kamu akan membuat permintaan kepada server website tersebut. Permintaan tersebut harus di-approve terlebih dahulu oleh server sebelum kamu dapat mengunjungi halaman website-nya. Ketika permintaan diajukan, server website akan membaca data identitas perangkat yang digunakan yang berupa IP Address.

Saat server proxy digunakan, maka alamat IP atau IP Address yang dibaca oleh server website  adalah IP Address dari server proxy dan bukan perangkat yang digunakan saat itu. Dengan demikian, data IP Address kamu yang asli tidak akan bisa dilacak oleh siapapun karena penggunaan server proxy tersebut.

Dalam kata lain, server proxy adalah sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses Internet dengan menggunakan alamat IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat yang digunakan. Sistem seperti ini menggunakan server proxy untuk bisa bekerja dengan baik.

Server proxy sendiri adalah sebuah perangkat atau komputer yang digunakan dan berfungsi untuk menyediakan layanan proxy. Nantinya dengan server proxy, kamu bisa tetap menggunakan jaringan Internet di perangkat kamu yang dihubungkan ke server proxy  tersebut.

Setelah memahami apa itu proxy dan bagaimana cara kerjanya, berikut ini ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan server proxy, yaitu:

Keamanan Data Privasi Terjaga

Dengan menggunakan server proxy, keamanan data privasi kamu akan lebih terjamin karena alamat IP yang digunakan bukanlah alamat IP perangkat yang digunakan sebenarnya. Tahukah kamu bahwa alamat IP dapat menyimpan data pribadi seperti dimana lokasi sebuah  website diakses hingga lokasi tempat tinggal? Oleh karena itu, pencurian data melalui alamat IP sangatlah berbahaya.

Menyimpan Bandwidth

Server proxy dapat menyimpan bandwidth  atau cache setiap website yang kamu kunjungi. Jadi, jika kamu mengunjungi sebuah website yang sama untuk kedua kalinya atau bahkan lebih, kecepatan muatan  website  tersebut akan lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan muatan pertama kali.

Memantau Penggunaan Internet Di Rumah

Apabila kamu menggunakan WiFi bersama-sama dengan anggota rumah lainnya dan merasa bahwa kecepatan Internet tersebut menjadi sangat lambat, server proxy dapat melihat penggunaan Internet masing-masing perangkat yang terhubung dengan WiFi tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mengatur kapasitas pemakaian tiap perangkat di rumah.

Sebagai tambahan, bagi kamu yang tinggal serumah dengan anak-anak di bawah umur, server proxy juga dapat digunakan untuk memantau penggunaan Internet mereka.

Dengan menggunakan server proxy, koneksi yang kamu gunakan akan terhubung lebih dulu ke server proxy yang ada. Lalu kemudian server proxy akan meneruskan permintaanmu ke alamat tujuan yang ingin kamu kunjungi. Cara ini sangat ampuh untuk membuat alamat IP asli yang kamu gunakan tidak dapat terdeteksi oleh website karena kamu menggunakan alamat IP dari server proxy.

Sekarang kamu sudah paham mengenai apa itu proxy, bukan? Setelah mengetahuinya, kamu juga perlu tahu kira-kira apa koneksi jaringan Internet WiFi yang cepat dan stabil yang bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Pastinya kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet WiFi dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet WiFi cepat dan stabil di rumah kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!