Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Mau Pilih Router WiFi Rumah Terbaik? Cek Ini Dulu!

May 5, 2023

WiFi rumah yang baik dan andal sangat penting untuk kenyamanan dan produktivitas di rumah. Apalagi jika sebagian besar aktivitas Kamu dilakukan secara online, maka pemilihan WiFi rumah yang terbaik harus diperhatikan sebaik mungkin. 

Saat ini sudah banyak opsi penyedia jasa WiFi rumah yang bisa Kamu pilih. Meski begitu, memilih router WiFi rumah yang tepat dan berkualitas menjadi tugas yang cukup menantang, bukan? Sebab, Kamu juga harus memikirkan kecepatan koneksi, jenis paket, harga, layanan konsumen, dan lain sebagainya.

Nah, Kamu tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas beberapa faktor penting yang perlu jadi pertimbangan ketika Kamu memilih router WiFi rumah. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Faktor-Faktor Penting dalam Memilih Router WiFi Rumah Terbaik

Berikut ini beberapa faktor penting saat Kamu memilih router WiFi rumah terbaik, antara lain:

Kecepatan

Kecepatan adalah faktor yang paling penting dalam memilih router WiFi rumah. Semakin tinggi kecepatan router, semakin cepat Kamu dapat mengunduh dan mengunggah file, melakukan streaming video, dan melakukan aktivitas online lainnya.

Jangkauan

Jangkauan adalah faktor penting lainnya dalam memilih router WiFi rumah. Jangkauan yang baik memungkinkan Kamu untuk terhubung ke jaringan WiFi dari berbagai area di rumah. Semakin luas jangkauan, semakin banyak area yang dapat dicakup oleh sinyal WiFi.

Ketersediaan Frekuensi

Router WiFi modern biasanya menawarkan dua frekuensi, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Frekuensi 2,4 GHz memiliki jangkauan yang lebih jauh, sedangkan frekuensi 5 GHz menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. Pilih router yang menawarkan ketersediaan kedua frekuensi tersebut untuk memastikan fleksibilitas dan kinerja terbaik.

Fitur Tambahan

Beberapa router WiFi dilengkapi dengan fitur tambahan seperti teknologi beamforming, kontrol orang tua, dan koneksi VPN. Fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan WiFi.

Pilih WiFi Rumah yang Tepat

Setelah mengetahui faktor penting dalam memilih router WiFi rumah terbaik, kini saatnya Kamu memilih jasa layanan WiFi yang tepat. Seperti yang telah disebutkan, sudah banyak layanan penyedia jasa internet yang menyediakan aneka macam paket WiFi untuk rumah hingga kantoran. 

Semakin banyak jenis provider yang muncul, maka semakin menantang juga untuk menentukan provider terbaik yang sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui penyedia jasa WiFi rumah yang berkualitas dan cocok sesuai kebutuhan.

Salah satu penyedia jasa internet yang cepat dan stabil adalah Biznet Home Internet. Biznet Home Internet hadir dengan bandwidth hingga 250 Mbps dan kuota unlimited, sehingga Kamu dapat melakukan kegiatan secara online sepuasnya tanpa perlu khawatir. 

Bagi Kamu yang hobi bermain online game, Biznet Home Internet juga bisa jadi solusi yang tepat karena ada paket khusus gamers yang memiliki bandwidth hingga 250 Mbps dengan IP Public, sehingga Kamu bisa bermain game sepuasnya dengan kecepatan maksimum tanpa nge-lag. 

Jika Kamu ingin menggunakan WiFi untuk hiburan, Biznet Home Internet pun punya paket khususnya lho, yaitu Biznet Home Combo IPTV yang hadir dengan kualitas resolusi gambar 4K terbaik dan bandwidth mulai dari 100 Mbps. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan konten hiburan online yang berkualitas dan bisa dinikmati kapan saja. 

Bagaimana Agar Koneksi WiFi Rumah Cepat dan Stabil?

Ada banyak pertimbangan sebelum memasang WiFi rumah, salah satunya letak router WiFi yang strategis. Mungkin Kamu pernah merasakan jaringan WiFi rumah yang tidak stabil di beberapa spot. Misalnya, koneksinya sangat cepat saat Kamu berada di dekat router yang posisinya di ruang keluarga. Sedangkan, saat berpindah ke lantai 2, Kamu merasa koneksinya lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Hal seperti ini sangat sering terjadi dan cukup mengganggu. 

Namun, sebenarnya ada lho cara yang bisa membantu Kamu agar koneksi Wifi rumah lebih stabil, di antaranya:

Posisikan Router dan Modem secara Strategis

Salah satu hal yang harus Kamu perhatikan saat memasang WiFi rumah yaitu posisi router dan modem. Dengan posisi yang strategis, WiFi akan bisa dijangkau dari berbagai ruangan. 

Salah satu posisi yang paling strategis adalah dengan meletakkannya di tengah ruangan, apalagi jika berada jauh dari dinding yang bisa menghalangi pemancaran sinyal. Letakkan pada plafon dengan posisi antena tegak lurus agar jaringan bisa menyebar dengan rata ke seluruh rumah atau ruangan kantor.

Jauhkan dari Intervensi Perangkat Wireless Lainnya

Ternyata ada banyak perangkat yang bisa menghasilkan noise yang bisa mengganggu kinerja dari router. Salah satu contohnya adalah microwave, perangkat yang satu ini bisa mengganggu komputer atau gadget kamu untuk bisa menerima sinyal jaringan Internet. Jika bisa, jauhkan router dari perangkat yang satu ini, dan berbagai perangkat wireless lainnya.

Gunakan Wireless Repeater

Perangkat yang satu ini akan sangat membantu untuk memperluas area jaringan dari WiFi kamu. Karena itu, kamu bisa membeli perangkat wireless repeater yang sudah banyak dijual secara umum.

Tambah Access Point (AP)

Jika rumah Kamu cukup luas atau memiliki banyak ruangan berdinding atau bersekat, maka ada baiknya jika kamu juga menambahkan AP di beberapa sudut ruangan untuk bisa menjangkau tempat yang tertutup. Sudah banyak router yang menawarkan “access point mode”, yang akan semakin memudahkan kamu untuk menggunakan fitur Access Point ini.

Kamu juga bisa menggunakan Smart Internet WiFi dari Biznet Home Internet, yaitu perangkat tambahan yang dilengkapi dengan Teknologi Mesh WiFi AC1200 Whole-Home Mesh , yang memberikan jangkauan internet WiFi rumah menjadi lebih luas dan lebih cepat. 

Perlu diketahui juga bahwa memperluas jaringan WiFi rumah saja tidaklah cukup, Kamu juga membutuhkan jaringan internet cepat dan stabil agar semua kegiatan online bisa berjalan lancar. 

Untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, Kamu bisa memilih Biznet Home Internet sebagai solusi yang tepat. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital Kamu lho. Yuk, langsung lihat penawaran menariknya di sini