Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Ketahui Cara Mempercepat Internet, Gamers Wajib Merapat!

Apr 5, 2023

Ketika bermain game di perangkat desktop atau laptop, tentu kamu memerlukan performa maksimal, baik dari perangkat maupun dari koneksi Internet. Karena dua hal ini dapat benar-benar mempengaruhi jalannya aktivitas bermain game. Kamu tentu juga memerlukan tips mengenai cara mempercepat koneksi Internet ketika sedang bermain gameWork hard, but play harder!

Artikel ini mungkin akan sangat berguna untuk kamu yang sering mengalami putus koneksi, lag, atau bahkan hingga freeze ketika sedang seru bermain game online. Memang cara yang ada tidak terlalu rumit, tapi bisa kamu praktekkan untuk membuat aktivitas bermain game menjadi lebih lancar. Well, tanpa berpanjang lebar, simak 5 tips cara mempercepat Internet berikut ini!

Fokus pada Aplikasi Game, Tutup Aplikasi Lainnya

Menutup aplikasi lain pada perangkat yang kamu gunakan bisa membuat gaming menjadi lebih lancar, baik dari sisi performa perangkat atau koneksi Internet yang kamu pakai. Ketika banyak program terbuka, otomatis proses komputasi yang berlangsung akan cukup berat, dan menuntut perangkatmu bekerja ekstra. Ini akan membuat performanya menurun.

Pada waktu yang bersamaan, tidak sedikit pula program yang terbuka itu memerlukan sambungan Internet aktif guna terus memperbarui informasi yang ada di dalamnya. Seperti yang sudah kamu duga, hal ini akan mengurangi kecepatan Internet yang kamu gunakan dan berujung pada ping yang tinggi atau lag pada game yang sedang dimainkan. Fokuskan program hanya pada satu game yang kamu mainkan, dan tutup aplikasi dan program lainnya yang tidak digunakan.

Auto Update dan Background Refresh, Matikan Fitur Ini

Pada kondisi normal, kedua fitur ini akan membantu kamu mengetahui update terbaru mengenai perangkat lunak yang digunakan. Update ini ditujukan agar kamu sebagai pengguna bisa melakukan tindak lanjut yang diperlukan. Tapi apakah kamu perlu mendapatkan notifikasi update di tengah serunya peperangan yang sedang terjadi di game yang dimainkan?

Karena itu, sangat disarankan untuk kamu mematikan kedua fitur ini secara manual agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang kamu lakukan. Dengan mematikan kedua perangkat ini, atau setidaknya menunda notifikasi yang masuk, kamu bisa menikmati waktu bermain game dengan lebih maksimal tanpa gangguan dari notifikasi atau pemberitahuan yang kurang signifikan dengan game tersebut.

Koneksi Internet Terbaik

Menggunakan Tethering hotspot atau WiFi yang sudah menggunakan fiber optic tentu sangat direkomendasikan. Karena kestabilan jaringan dan kecepatan akan kamu dapatkan secara optimal pada jaringan WiFi berteknologi fiber optic.

Memang ketika kamu sedang mobile, jaringan seperti ini tidak bisa selalu kamu temukan, dan kamu cenderung memilih menggunakan sinyal dari smartphone yang kamu miliki. Bukan hal yang salah, namun tentu ada harga yang harus kamu bayar. Penggunaan data yang cukup besar menjadi konsekuensi utama, belum lagi harus mengurabaterai perangkat smartphone yang kamu gunakan.

Berada Dekat dengan Router atau Gunakan Kabel LAN Berkualitas

Berada dekat dengan router yang ada di rumah atau di tempat kamu berada bisa jadi salah satu cara mempercepat Internet yang kamu gunakan. Logikanya, semakin dekat posisi dengan pemancar sinyal WiFi, makan koneksi yang didapatkan akan semakin baik. Pastikan juga pengguna WiFi tersebut tidak terlalu banyak agar kapasitas bisa dimaksimalkan untuk kepentingan gaming yang kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantuan kabel LAN berkualitas untuk terhubung dengan jaringan Internet yang kamu gunakan di rumah. Penggunaan kabel lebih disarankan untuk menunjang aktivitas gaming karena koneksi yang digunakan cenderung menjadi lebih stabil. Tapi selama kualitas layanan Internet yang kamu pakai cukup tinggi, hal ini tidak akan jadi masalah.

Gunakan Paket Layanan yang Tepat

Cara mempercepat Internet yang paling masuk akal sebenarnya adalah dengan menggunakan paket layanan yang memang ditujukan untuk keperluan gaming. Paket gaming yang diberikan oleh provider biasanya memiliki harga yang lebih tinggi, namun pastinya dengan jaminan kualitas koneksi yang jauh lebih baik. Tentu saja, ini bukan berarti paket lain tidak berkualitas, hanya saja apapun akan berjalan optimal jika digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Seperti pada layanan Biznet Home Gamers 3C yang menawarkan kecepatan hingga 250 Mbps dan dilengkapi dengan bandwidth tidak terbatas. Tentu saja, paket seperti ini benar-benar dapat menunjang keperluan kamu bermain game dan jadi cara mempercepat Internet paling ampuh yang bisa kamu gunakan.

Mempercepat Internet bisa dilakukan dengan banyak cara. Satu hal yang wajib dipastikan adalah bahwa layanan Internet yang kamu gunakan benar-benar berkualitas. Tidak hanya cepat, namun juga stabil dan berkapasitas besar. Paket layanan dari Biznet Home yang satu ini, adalah pilihan tepat untuk kamu yang fokus pada aktivitas gaming. Tentu saja, dengan paket layanan Internet terjangkau kamu akan mendapatkan kapasitas sedemikian besar, dan kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas lain yang harus dilakukan dengan bantuan koneksi Internet. Kunjungi situs resminya sekarang, dan #PakeBiznet yang lebih cepat untuk dukung segala aktivitas digital kamu!