Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Kenapa WiFi Tidak Ada Internet? Ini Penyebabnya

Nov 9, 2023

Tak sedikit orang yang mempertanyakan kenapa WiFi tidak ada internet secara tiba-tiba. WiFi merupakan salah satu teknologi yang paling populer saat ini. Dengan WiFi, kamu dapat mengakses internet tanpa perlu menggunakan kabel. 

Namun, terkadang WiFi sering mengalami masalah terputusnya koneksi internet.  Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas yang membutuhkan internet. Lantas, kenapa WiFi tidak ada internet dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan di bawah ini agar kamu bisa mengetahui penyebab kenapa WiFi tidak ada internet.

Penyebab WiFi Tidak Ada Internet

Ada banyak alasan kenapa WiFi tidak ada internet. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Perangkat tidak terhubung ke jaringan WiFi

Penyebab paling umum dari WiFi tidak ada internet adalah perangkat tidak terhubung ke jaringan WiFi. Hal ini bisa terjadi karena perangkat berada terlalu jauh dari router, sinyal WiFi yang lemah, atau kesalahan konfigurasi perangkat.

Pastikan bahwa perangkat yang kamu gunakan terhubung ke  jaringan WiFi yang benar dan telah memasukkan kata sandi dengan benar.

2. Router mengalami masalah

Router adalah perangkat yang digunakan untuk mengirimkan sinyal WiFi. Jika router mengalami masalah, maka WiFi juga akan mengalami masalah.

Masalah pada router bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan hardware, kesalahan konfigurasi, atau gangguan listrik. Kamu harus menempatkan router di lokasi yang strategis agar dapat menjangkau semua perangkat yang ingin terhubung ke internet.

Sebaiknya, hindari menempatkan router di dekat benda-benda yang berpotensi mengganggu sinyal WiFi, seperti microwave, oven, atau dinding. Dengan begitu, jaringan WiFi tidak akan mengalami masalah.

3. Kesalahan konfigurasi perangkat

Kesalahan konfigurasi perangkat juga dapat menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet. Hal ini bisa terjadi karena pengaturan jaringan yang salah, seperti pengaturan IP address, DNS, atau proxy. Maka dari itu, pastikan pengaturan konfigurasi perangkat yang kamu gunakan telah sesuai.

4. Koneksi internet dari ISP terputus

ISP (Internet Service Provider) adalah penyedia layanan internet. Jika koneksi internet dari ISP terputus, maka WiFi juga tidak akan bisa terhubung ke internet Anda perlu memastikan hal ini agar jaringan WiFi bisa terkoneksi kembali dengan internet.

5. Overload jaringan

Terlalu banyak perangkat terhubung ke jaringan WiFi yang sama dapat menyebabkan kelebihan koneksi internet menjadi lambat atau bahkan terputus. Kamu perlu memastikan berapa banyak perangkat yang terhubung dan pertimbangkan juga untuk membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan WiFi.

6. Gangguan jaringan

Masalah pada jaringan internet juga dapat menyebabkan WiFi tidak terhubung dengan internet. Hal ini bisa terjadi karena kabel gangguan jaringan, seperti cuaca buruk atau gangguan dari perangkat lain.

Cara Mengatasi Jaringan Internet WiFi yang Terputus

Setelah mengetahui apa saja hal yang mungkin menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Restart perangkat

Cara paling sederhana untuk mengatasi WiFi tidak tersambung internet adalah dengan me-restart perangkat. Restart perangkat bisa menyegarkan sistem operasi dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.

2. Restart router

Restart router bisa menjadi solusi untuk mengatasi WiFi tidak tersambung internet. Sebab, tindakan ini bisa memperbaiki gangguan yang mungkin terjadi pada perangkat tersebut. Kamu perlu mematikan router selama beberapa detik, lalu nyalakan kembali untuk restart.

3. Aktifkan mode pesawat

Terkadang, masalah koneksi internet bisa disebabkan oleh gangguan sinyal WiFi. Kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat di perangkat selama beberapa detik, lalu nonaktifkan kembali.

4. Ganti DNS dengan Google Public DNS

Google Public DNS merupakan layanan DNS gratis yang cepat dan stabil. Kamu bisa mencoba untuk mengganti DNS di perangkat yang terhubung WiFi dengan Google Public DNS untuk mengatasi masalah koneksi internet yang terputus.

5. Menyambungkan ulang jaringan WiFi

Jika kamu sudah mencoba cara-cara di atas tetapi WiFi masih tidak tersambung internet, kamu bisa mencoba untuk melupakan jaringan WiFi tersebut. Setelah itu, sambungkan kembali jaringan WiFi tersebut dengan memasukkan password yang benar.

6. Perbarui driver adaptor WiFi

Driver adaptor yang usang juga bisa menyebabkan WiFi tidak tersambung internet. Driver adaptor WiFi adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan WiFi.

Untuk memperbarui driver adaptor WiFi, kamu bisa menggunakan perangkat lunak yang disediakan oleh produsen perangkat tersebut. Kamu juga bisa mengunduh driver adaptor WiFi terbaru dari situs web produsen.

Jika semua cara di atas sudah dicoba tetapi WiFi masih tidak tersambung dengan internet, kamu bisa menghubungi penyedia layanan internet untuk mengatasi masalah tersebut. Ingin mendapatkan sinyal WiFi yang cepat dan stabil? #PakeBiznet Lebih Cepat!

Biznet Home menawarkan paket internet yang beragam untuk memenuhi kebutuhanmu. Untuk sekadar berselancar di internet, pilih paket Home Internet dengan kecepatan hingga 30 Mbps dan kuota unlimited.

Jika kamu ingin menonton TV kabel dan streaming video, pilih paket Home Internet + IPTV dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Sementara untuk kamu yang hobi bermain game online, Biznet Home juga menyediakan paket khusus dengan bandwidth hingga 250 Mbps dan IP Public untuk bermain game tanpa lag

Bagi pengguna laptop untuk hiburan, kamu bisa memilih paket Biznet Home Combo IPTV yang hadir dengan kualitas resolusi gambar 4K terbaik dan bandwidth mulai dari 100 Mbps. Dengan harga mulai dari Rp 250.000 per bulan, kamu sudah bisa menikmati akses internet dengan kecepatan hingga 30 Mbps di wilayah Jawa, Bali, Batam, dan Bangka. 

Dengan berbagai kelebihannya, Biznet Home cocok untuk berbagai kebutuhan digital di rumah. Ayo #PakeBiznet sekarang juga untuk pengalaman akses internet yang lebih cepat.