Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Jaringan 503 di Youtube

Apr 5, 2023

Menonton berbagai video YouTube memang menyenangkan apalagi setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan. Namun, pasti ada saja masalah yang terkadang membuat pengalaman menonton video menjadi tidak nyaman. Salah satunya, masalah jaringan dengan kode 503. Kalau sudah begini, kita pun bingung mencari cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube. Lalu, apa Itu Error 503 pada YouTube dan apa penyebabnya?

Pertanyaan ini seringkali muncul di benak pengguna setia YouTube ketika mengalami masalah. Masalah jaringan dengan kode 503 adalah sinyal atau tanda dari server YouTube yang mengindikasikan bahwa situsnya sedang tidak bisa diakses untuk sementara waktu. Perlu diketahui, kode 503 ini tidak hanya muncul di YouTube, tapi juga di beberapa situs lainnya.

Kode error 503 muncul karena server mengalami time-out, alias tidak bisa melayani trafik dari penggunanya dalam waktu yang ditentukan. Akibatnya, beberapa server tidak konsisten dalam memberikan data ke perangkat yang kita akses. Masalah time-out juga terjadi karena pengaturan Access Point Name (APN) diubah dari bentuk asalnya.

Server yang sedang sibuk atau mengalami maintenance juga ditandai dengan kode 503. Maintenance ini bisa dilakukan secara reguler atau mendadak tanpa adanya pemberitahuan. Kalau sudah begini, lebih baik menunggu YouTube benar-benar selesai dari proses maintenance yang sedang berlangsung sehingga kita bisa mengaksesnya lebih lancar.

Penyebab lain kode 503 muncul adalah karena masalah di akun YouTube atau perangkat kita sendiri. Biasanya, disebabkan oleh daftar video dalam playlist yang terlalu panjang atau cache yang tersisa di perangkat kita. Masalah cache ini lebih sering dirasakan  oleh pengguna HP dengan sistem operasi Android, sehingga handphone harus dibersihkan dari cache secara berkala.

Sedangkan playlist yang terlalu panjang bisa menjadi pemicu kode 503 muncul di layar karena server YouTube berusaha untuk memuatnya. Playlist yang terlalu panjang membutuhkan kapasitas yang besar untuk di-load oleh YouTube, sehingga mengalami time-out alias gagal untuk memuatnya dalam waktu yang singkat.

Setelah mengetahui penyebab kode 503 muncul di layar, barulah kita bisa mengetahui cara mengatasi masalahnya. Berikut ini tiga cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube yang bisa kamu coba.

Refresh Page Video

Cara pertama memang terlihat klasik, tapi sangat berguna dalam mengatasi 503. Server YouTube yang sedang sibuk dalam beberapa waktu dan mengalami time-out perlu di-refresh. Server yang sibuk memberikan respon yang tidak stabil, sehingga bisa mengganggu kenyamanan saat menikmati berbagai hiburan di YouTube.

Apabila menggunakan aplikasi YouTube, kita bisa melakukan refresh dengan cara scroll ke atas. Cobalah refresh sebanyak satu atau dua kali, sehingga YouTube bisa diakses kembali.

Restart Device

Jika langkah pertama tidak berhasil, cobalah lakukan restart pada device, baik itu HP maupun komputer yang kamu gunakan untuk mengakses YouTube. Kemungkinan kode 503 muncul adalah akibat adanya masalah konfigurasi pada DNS server di router WiFi, jaringan Internet atau perangkat yang digunakan.

Di HP, restart jaringan bisa dilakukan dengan cara mematikan WiFi atau akses data, kemudian menghidupkannya kembali. Lakukan juga  restart pada perangkat yang digunakan hingga YouTube bisa kembali diakses.

Tunggu Beberapa Saat dan Refresh Page Video

Ada kalanya kedua cara di atas tidak berhasil. Kemungkinan penyebab yang ketiga adalah server YouTube sedang menerima trafik yang tinggi sehingga YouTube menjadi lambat dan beberapa pengguna tidak bisa mengaksesnya.

Lebih baik menunggu selama 10-30 menit, kemudian coba refresh kembali page YouTube. Ketika server YouTube sedang sibuk, pasti ada banyak pengguna yang mulai beralih dari YouTube. Otomatis, trafik pun menurun dan server juga tidak lagi sibuk.

Cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube di atas memang mudah dipraktekkan, tapi membutuhkan kesabaran yang ekstra. Apalagi kita tidak hanya menggunakan YouTube sebagai sarana hiburan, tapi juga untuk pekerjaan, sekolah, informasi dan berbagai kebutuhan lainnya. Nah, untuk itu kamu juga harus menggunakan koneksi jaringan Internet WiFi yang cepat dan stabil, supaya mengakses YouTube juga jadi lebih lancar. Pastinya, kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet WiFi dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet WiFi cepat dan stabil di rumah kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!