Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Harga Pasang WiFi di Rumah, Berikut Rinciannya

Aug 8, 2023

Aktivitas digital akan terus menemani kehidupan sehari-hari kita, bahkan di rumah. Terlebih lagi, kini aktivitas utama seperti bekerja dan belajar dapat dilakukan secara jarak jauh. Alih-alih mengandalkan jaringan provider ponsel, tentu akan lebih hemat jika kamu berlangganan WiFi rumahan.

Lantas, berapa harga pasang WiFi dirumah untuk WFH? Ini dia daftar rincian yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman, dan berlaku pada setiap provider internet rumah di seluruh Indonesia.

Rincian Harga Pasang WiFi Dirumah

Bicara soal biaya pasang, bukan hanya harga paket dasarnya saja. Apakah ini artinya lebih mahal daripada berlangganan jaringan ponsel yang bisa tethering? Jelas tidak apple to apple membandingkan biaya berlangganan paket internetan dari provider jaringan smartphone dengan provider internet rumah.

Keduanya jelas berbeda, namun jika ditanya mana lebih hemat dan menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga WFH di rumah, maka jawabannya adalah pasang WiFi. Lantas, berapa harga pasang WiFi per bulan? Berikut rinciannya.

1. Biaya Instalasi

Dalam harga pasang WiFi, terdapat biaya instalasi. Instalasi merupakan proses penting untuk menciptakan jaringan WiFi di rumah. Dalam prosesnya, dibutuhkan pengetahuan mumpuni soal sistem jaringan yang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Provider internet rumah tempat kita berlangganan WiFi biasanya menyediakan tenaga ahli untuk menciptakan jaringan internet di sekitar rumah dengan aman. Kamu akan dikenai biaya untuk sekali pemasangan, dan setelahnya tidak akan membayar lagi. Setelah terpasang, internet bisa langsung digunakan.

Biaya instalasi ini bervariasi, tergantung dari masing-masing provider. Namun secara umum, biaya instalasi untuk pemasangan WiFi di rumah mulai dari Rp 750.000.-.

2. Biaya Perangkat WiFi Modem

Dalam proses pemasangan WiFi, teknisi tidak dapat menciptakan jaringan tanpa perangkat modem dan router. Modem berfungsi mengubah sinyal analog ke sinyal digital sehingga kamu dapat terhubung dengan jaringan internet di area rumah. Adanya modem juga berguna untuk melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.

Sedangkan router merupakan perangkat yang memungkinkan beberapa pengguna aktif terhubung pada jaringan internet secara bersamaan. Tidak bisa modem tanpa router, begitupun sebaliknya.

Kedua perangkat tadi dapat dibeli dengan harga cukup tinggi, namun provider internet rumah menawarkan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 900.000.-. Keuntungan membeli perangkat akan membebaskan kamu dari kontrak berlangganan.

3. Biaya Penambahan Kabel

Selain modem, kabel termasuk ke dalam biaya pemasangan. Dalam hal ini, diperlukan survei langsung oleh teknisi untuk mengetahui jarak maksimal pemasangan dari titik ODP (Optical Distribution Point) ke rumah.

Usai mengetahui jarak dalam meter, barulah bisa menentukan biaya kabel. Umumnya adalah Rp 7.000.- per meter.

4. Biaya Sewa

Jika tidak ingin menanggung biaya yang mahal untuk membeli perangkat, kamu bisa memilih opsi menyewa dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Mulai dari Rp 50.000.- setiap bulan, namun secara kecepatan dan kepuasan internetan tetap sama.

5. Biaya Paket Dasar Berlangganan

Selanjutnya adalah biaya utama atau biaya internetan yang harus dibayar setiap bulan. Paket dasar berlangganan setiap provider tentunya berbeda-beda. Tergantung dari jenis paket, kecepatan, kapasitas, dan bonus fitur yang diberikan.

Sebagai acuan, 30 Mbps cukup untuk memenuhi kebutuhan internetan 3 orang. Utamakan paket unlimited tanpa FUP (Fair Usage Policy) agar kamu dapat mengakses internet sepuasnya dengan kecepatan stabil. Untuk harga paket dasar berlangganan mulai dari Rp 250.000.- per bulan.

Harga lebih tinggi rasanya bukan masalah apabila provider WiFi rumah menawarkan beberapa fitur tambahan dan hadiah.

6. Biaya PPN (Berlaku di Semua Provider)

Terakhir yang diperhitungkan perusahaan adalah biaya pajak PPN. Hal ini berlaku di semua provider dalam jumlah persentase 11% (naik 1% diberlakukan pemerintah) dari biaya berlangganan.

Semisal, tadi biaya berlangganan paket dasar sebesar Rp 250.000.-. Artinya, PPN yang harus dibayar sebesar harga paket dasar x 11% yaitu Rp 250.000.- x 11% menjadi Rp 27.500.-

Harga Pasang WiFi di Rumah Termurah, Dimana?

Untuk mendapatkan biaya pemasangan WiFi termurah, sebelumnya kamu perlu memahami hal ini terlebih dahulu.

1. Pilih Provider yang Bereputasi

Pasang WiFi di rumah dengan harga termurah bisa kamu dapatkan hanya berlangganan di provider dengan reputasi terbaik. Artinya, provider tersebut memiliki jaringan yang bagus, minim downtime, dan pastinya berpengalaman menjadi perusahaan infrastruktur digital di Indonesia.

2. Selain Mempertimbangkan Reputasi Provider, Bandingkan Harga

Memilih paket murah memang menguntungkan, namun tidak selalu menjadi solusi yang terbaik. Lebih tepat apabila kamu memilih paket dasar berlangganan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Semisal, rumah kamu dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus berbisnis dengan total 20 orang. Maka pilih paket WiFi dengan kapasitas 20 orang. Harga paket WiFi dengan kapasitas besar memang lebih tinggi dibandingkan paket WiFi untuk 3 orang.

Dalam hal ini, tidak tepat membandingkan harga antar paket dalam satu provider. Seharusnya, kamu membandingkan harga paket yang sesuai kebutuhanmu antar provider satu dengan yang lain.

Misalnya, provider 1 menawarkan harga Rp 700.000.- dengan kecepatan 250 Mbps unlimited tanpa FUP dan bisa diakses hingga 40 perangkat, sedangkan provider 2 menawarkan harga Rp 965.000.- hanya 100 Mbps untuk 20 perangkat. Memilih provider 1 jelas menguntungkan dibandingkan harga yang ditawarkan dari provider 2.

Bagi kamu yang berencana memasang WiFi di rumah agar WFH lebih lancar, Biznet Home adalah solusinya. Reputasinya jelas terbukti dengan pengalaman berkecimpung di bidang Internet Service Provider selama lebih dari 20 tahun. Maka tidak heran jaringannya tersebar di mana-mana.

Untuk harga pasang WiFi dirumah, biaya Biznet Home sendiri termasuk murah dengan kecepatan tinggi dan stabil, sehingga tepat mendukung langkah baru untuk sukses bekerja, belajar, berbisnis sampai hiburan!