Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Pemasangan WiFi di Rumah

May 5, 2023

Pemasangan WiFi di rumah sudah menjadi salah satu hal esensial yang dibutuhkan di era digital yang maju seperti saat ini. Sebenarnya kebutuhan akan internet ini bisa dipenuhi dengan menggunakan beberapa cara, mulai dari penggunaan paket data dari smartphone, mobile tethering, hingga pemasangan WiFi khusus di rumah.

Nah, WiFi menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh sebagian besar orang karena memiliki kemudahan dan kecepatan akses internet yang lebih stabil. Jika Kamu berniat melakukan pemasangan WiFi di rumah, sebaiknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini, yuk!

Cara Pemasangan WiFi di Rumah

Berikut ini ada beberapa cara pemasangan WiFi di rumah yang perlu Kamu ketahui, antara lain:

Tentukan provider jaringan WiFi

Sebelum melakukan pemasangan WiFi di rumah, Kamu harus memilih provider jaringan WiFi yang tepat. Hal ini sangat penting untuk menunjang penggunaan koneksi internet ke depannya. Pilihlah provider yang menyediakan berbagai macam paket WiFi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, perhatikan pula kecepatan dari masing-masing paket agar bisa Kamu pilih dengan tepat. Hal lain yang tak kalah penting, Kamu juga perlu mengetahui track record dari provider tersebut, apakah menyediakan kualitas dan layanan yang cukup puas atau tidak.

Tentukan lokasi router

Setelah memilih provider, langkah selanjutnya saat melakukan pemasangan WiFi di rumah yaitu menentukan lokasi router. Lokasi router ini akan memengaruhi jangkauan sinyal WiFi di rumah. Pastikan bahwa router tersebut diletakkan di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh semua anggota keluarga yang ada di rumah.

Sambungkan router dengan modem

Langkah selanjutnya untuk pemasangan WiFi yaitu menghubungkan router dengan modem. Modem adalah perangkat yang akan menghubungkan rumah Kamu dengan jaringan internet. Biasanya router dan modem dapat dihubungkan menggunakan kabel ethernet yang disediakan dan hubu

Konfigurasi router

Setelah router dan modem terhubung, biasanya langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi router. Cara melakukan konfigurasi router cukup bervariasi saat pemasangan WiFI. Akan tetapi, Kamu tidak perlu khawatir karena biasanya langkah ini akan dibantu oleh tim provider WiFi yang bersangkutan. Oleh karena itu, pilihlah provider yang tepat dan memudahkanmu saat melakukan pemasangan WiFi di rumah.
Atur nama dan password WiFi
Saat semua sudah terpasang, biasanya tim provider yang melakukan pemasangan WiFi di rumahmu akan bertanya mengenai nama dan password yang ingin Kamu gunakan. Ini saatnya Kamu memilih nama WiFi yang mudah diingat dan password yang kuat dan aman. Sebaiknya hindari menggunakan password yang mudah ditebak agar terhindar dari oknum-oknum yang ingin memanfaatkan WiFi Kamu tanpa izin.

Tes koneksi internet

Langkah yang tak kalah penting saat melakukan pemasangan WiFI yaitu memastikan koneksi internetnya sudah lancar atau belum. Pastikan koneksi internetnya berjalan dengan baik dan stabil, caranya dengan melakukan beberapa tes seperti membuka halaman website atau streaming video. Jika Kamu merasa koneksi internetnya lambat atau tidak stabil, periksa kembali pengaturan router atau hubungi tim provider yang bersangkutan.

Itulah beberapa cara melakukan pemasangan WiFi di rumah yang perlu diketahui. Sekarang, saatnya Kamu mengetahui tips memilih WiFi yang cocok di rumah. Hal ini tak kalah penting agar Kamu bisa mendapatkan provider WiFi yang berkualitas sehingga koneksi internet yang dihasilkannya pun lebih stabil dan cepat.

Baca Juga: 7 Penyebab Wifi Lemot yang Harus Kamu Ketahui

Tips Memilih WiFi yang Cocok

Perlu diketahui bahwa memilih WiFi sebaiknya tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memilih WiFi terbaik dengan seksama agar nyaman dalam menggunakan internet sesuai kebutuhan. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih provider WiFi yang tepat, antara lain:

Pilih cakupan area layanan

Sebelum melakukan pemasangan WiFi di rumah, pastikan Kamu memilih provider jaringan WiFI yang menjangkau daerah rumahmu. Hal ini penting karena ada beberapa layanan internet yang jaringannya hanya mencakup beberapa daerah atau wilayah saja, misalnya hanya mencakup daerah Jabodetabek.

Selain itu, tujuannya supaya jaringan WiFi di rumah Kamu nanti dapat terkoneksi dengan cepat dan stabil karena berada dalam cakupan jaringan internet yang memadai. Oleh karena itu, pastikan Kamu menanyakan pada tim provider yang bersangkutan sebelum melakukan pemasangan WiFi.

Perhatikan kecepatan unggah dan unduh jaringan

Hal selanjutnya yang tak kalah penting yaitu memperhatikan kecepatan jaringan internet saat akan melakukan pemasangan WiFi di rumah. Biasanya provider internet menyediakan beberapa pilihan kecepatan sesuai kebutuhan konsumen.

Tentunya semakin tinggi kecepatan WiFi tersebut, maka harga yang ditawarkan pun umumnya semakin mahal. Agar Kamu bisa memilih WiFi yang cocok, ketahui terlebih dahulu kebutuhan Kamu saat menggunakan WiFi tersebut.

Sebagai contoh, di rumah ada 5 orang anggota keluarga yang aktif menggunakan internet. Ada yang membutuhkan internet untuk sekolah daring, meeting pekerjaan, streaming video, bermain game online, dan lain sebagainya.

Nah, dari kebutuhan inilah Kamu bisa menyesuaikan kecepatan WiFi yang dibutuhkan. Untuk memudahkan Kamu memilih paket layanan yang tepat dan sesuai kebutuhan, pastikan Kamu bertanya dan konsultasi dengan tim provider yang bersangkutan, ya!

Ketahui layanan perbaikan dan customer service

Tips selanjutnya yaitu mengetahui layanan service yang tersedia dari provider WiFi yang hendak Kamu pilih. Kamu juga perlu menanyakan bagaimana program maintenance dan service yang disediakan, apakah cukup memudahkan Kamu sebagai konsumen atau tidak?

Selain itu, pastikan juga bahwa provider tersebut memiliki customer service yang dapat merespon dengan cepat dan dapat dihubungi saat dibutuhkan. Hal ini sangat penting jika suatu saat Kamu mengalami kendala jaringan WiFi di rumah.

Baca ulasan atau review dari pengguna lain

Supaya Kamu semakin yakin untuk melakukan pemasangan WiFi yang tepat, pastikan riset dan baca ulasan dari pengguna yang pernah menggunakan provider tersebut. Kamu bisa mencarinya lewat mesin pencarian seperti Google atau membaca ulasan di media sosial. Dengan begitu, Kamu akan semakin yakin memilih jenis WiFi yang cocok untuk dipasang di rumah.

Setelah mengetahui cara pemasangan WiFi di rumah, kini saatnya Kamu memilih jenis provider yang tepat dan sesuai kebutuhan. Nah, Biznet Home bisa jadi salah satu pilihanmu karena tersedia berbagai macam paket internet yang sesuai kebutuhan, mulai dari paket Home Internet dengan kecepatan up to 30 Mbps, Home Internet + IPTV dengan kecepatan up to 100 Mbps, dan paket Home Gamers up to 250 Mbps. Yuk, segera lihat paket penawarannya dan dapatkan paket WiFi terbaik untuk Kamu hanya di Biznet Home.

Baca Juga: Harga Pasang WiFi di Rumah, Berikut Rinciannya