Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Pasang Wifi di Rumah dengan Cepat dan Mudah

Jul 20, 2023

Memasang wifi di rumah merupakan hal yang mudah dilakukan. Yuk, ketahui cara pasang wifi di rumah melalui penyedia internet dengan mudah dan cepat berikut ini!

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk berbagai kepentingan baik pekerjaan ataupun sekedar hiburan. Selain itu, internet juga dibutuhkan untuk mengakses berbagai layanan online seperti mbanking, online shopping, pesan makanan online, pembelian listrik, dan layanan lainnya. Menggunakan mobile data untuk berbagai aktivitas tentu terasa boros, apalagi jika jumlah orang di dalam rumah cukup banyak. Oleh karena itu memasang wifi di rumah bisa jadi solusi untuk menikmati akses internet sesuai kebutuhan tanpa boros. Apakah kamu sedang mencari cara memasang wifi di rumah? Kamu berada di artikel yang tepat, berikut adalah tips dan cara pasang wifi di rumah melalui penyedia layanan internet dengan mudah dan cepat!

Cara memasang wifi di rumah

Berikut adalah 7 cara memasang wifi di rumah melalui penyedia layanan internet dengan mudah:

1. Pilih jasa penyedia layanan internet

Langkah pertama sebelum memasang wifi adalah, pilih penyedia layanan internet. Seperti yang kita tahu, saat ini ada begitu banyak penyedia layanan internet. Setiap brand menawarkan paket, harga, dan pelayanan yang berbeda-beda. Nah, karena itu kamu perlu membandingkan beberapa penyedia layanan internet untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih penyedia layanan internet: 

  • Kecepatan internet: periksa dan bandingkan kecepatan internet yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Pastikan kecepatan tersebut sesuai untuk kebutuhan kamu. 
  • Cakupan jaringan: pastikan penyedia layanan internet memiliki cakupan jaringan yang baik di daerah tempat tinggalmu. Jika cakupan jaringan belum terlalu baik, maka kualitas jaringan yang akan kamu terima akan buruk. 
  • Paket dan harga: setelah menemukan kecepatan internet yang sesuai, coba bandingkan berbagai paket yang ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan internet. Periksa harga, kecepatan, dan berbagai manfaat lain yang bisa kamu terima.
  • Review pengguna: kamu bisa bertanya pendapat pengguna lain terkait kualitas layanan, kecepatan, dan pelayanan. Review dari pengguna tentu sangat membantu karena berdasarkan pengalaman mereka.
  • Layanan konsumen: pastikan penyedia layanan memiliki layanan konsumen yang responsif dan mudah dihubungi apabila kamu mengalami kendala atau masalah dengan layanan internet.

Kamu dapat memeriksa dan membandingkan beberapa faktor di atas secara online karena sudah banyak penyedia internet yang membagikan informasi tersebut di website resmi atau sosial media mereka. Jika ingin mendapatkan penjelasan lengkap, hubungi layanan pelanggan dari penyedia layanan internet.

2. Hubungi penyedia internet 

Setelah menemukan penyedia layanan internet yang sesuai, hubungi layanan pelanggan mereka melalui telepon atau situs web. Kemudian, tanyakan terkait paket dan layanan yang mereka sediakan serta prosedur pemasangan wifi di rumah. 

3. Jadwalkan pemasangan

Apabila sudah berkonsultasi dengan penyedia layanan internet dan merasa sudah cocok, maka kamu bisa menentukan jadwal pemasangan. Jika memesan jasa pemasangan melalui web, biasanya jadwal dapat ditentukan setelah kamu menyelesaikan pembayaran. Tapi, ada juga penyedia layanan internet yang menerima pembayaran setelah instalasi selesai.

Setelah jadwal ditentukan, teknisi dari penyedia internet akan datang ke rumah kamu untuk melakukan pemasangan. Pastikan untuk mengatur jadwal yang sesuai untuk kedua belah pihak. Waktu pemasangan bisa bervariasi tergantung berbagai faktor di lapangan, untuk itu sediakan waktu 2 sampai 4 jam bagi teknisi untuk pemasangan. 

4. Persiapkan perangkat yang mungkin diperlukan

Biasanya, penyedia internet sudah menyediakan perangkat seperti router. Tapi, beberapa lainnya juga belum menyediakan perangkat ini. Oleh karena itu, coba tanyakan kepada layanan pelanggan apakah mereka menyediakan perangkat tersebut atau tidak. Jika tidak, maka kamu perlu membeli router sendiri sesuai kebutuhanmu. Jika penyedia layanan menyediakan router tapi kamu ingin menggunakan router sendiri juga bisa. 

5. Persiapkan area pemasangan

Sebelum teknisi datang ke rumah, pastikan untuk menyiapkan area pemasangan. Bersihkan area yang akan dipasang router dan pastikan sudah tersedia sumber daya listrik di dekatnya. Disarankan untuk memasang router di area yang tidak berada dekat perabotan besar seperti lemari dan peralatan elektronik. Hal ini dilakukan agar koneksi internet lebih stabil dan tidak mendapat banyak interferensi atau gangguan. 

6. Pemasangan oleh teknisi

Selanjutnya, teknisi akan melakukan pemasangan wifi di rumah kamu. Mereka akan menghubungkan koneksi internet dan mengatur router wifi. Selain itu, mereka juga akan memastikan bahwa sinyal wifi mencakup area-area yang diinginkan.

7. Konfigurasi jaringan WiFi

Proses selanjutnya adalah konfigurasi jaringan wifi. Setelah pemasangan telah selesai dilakukan, teknisi penyedia internet akan membantu mengkonfigurasikan jaringan wifi seperti memberikan nama jaringan (SSID) dan kata sandi yang aman. Pastikan untuk memilih kata sandi yang tidak hanya aman tapi juga mudah diingat. Jika teknisi tidak menanyakan terkait nama dan password yang akan digunakan, kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada mereka. 

Setelah pemasangan selesai, kamu bisa mencoba terlebih dahulu apakah perangkat seperti HP atau laptop sudah dapat terhubung dengan jaringan wifi. Jika belum terhubung atau mengalami masalah, segera sampaikan kepada teknisi untuk ditangani.

Nah itu dia 7 cara pasang wifi di rumah melalui jasa penyedia internet. Mudah, bukan? Semoga membantu menjawab kebingunganmu, ya. Hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memasang wifi adalah riset dan membandingkan layanan serta paket yang disediakan sebelum memilih penyedia internet. BiznetHome hadir dengan bandwidth hingga 250 Mbps dan kuota unlimited. Kamu bebas berselancar di internet 24/7 tanpa rasa khawatir. Yuk, segera langganan BiznetHome sekarang, pakai Biznet lebih cepat!

Baca Juga: Harga Pasang WiFi di Rumah, Berikut Rinciannya