Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Pasang Router WiFi Agar Koneksi Tetap Kencang dan Stabil

Aug 3, 2023

Pada era digital seperti sekarang ini koneksi internet yang stabil dan cepat seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan utama untuk setiap orang. Nah, untuk membantu kamu untuk bisa mendapatkan akses internet yang baik, salah satu perangkat yang biasa digunakan adalah router WiFi.

Router merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan kamu untuk bisa terhubung dengan koneksi internet secara nirkabel. Nantinya koneksi internet tersebut bisa digunakan untuk streaming video, mengakses web dan berbagai aktivitas online lainnya.

Namun sayangnya sebagian besar orang beranggapan jika cara pasang router WiFi terlihat cukup rumit dan membingungkan. Agar lebih jelas, berikut merupakan penjelasan seputar cara memasang router WiFi, koneksi internet tetap kencang dan stabil.

Panduan Cara Pasang Router WiFi

1. Menentukan Lokasi Pemasangan yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan lokasi pemasangan yang tepat agar koneksi stabil dan kencang. Kucingnya kamu harus memilih lokasi yang berada di pusat rumah atau pada area yang paling sering digunakan. Hal ini bertujuan agar sinyal WiFi bisa mencapai semua sudut ruangan dengan baik.

Selain itu, jangan pernah menempatkan router WiFi di dekat benda logam atau belakang dinding yang tebal. Sebab area pemasangan tersebut dapat mempengaruhi kualitas sinyal. Jadi jika ingin koneksi internet kencang dan stabil pastikan untuk selalu memasang router WiFi pada pusat rumah.

2. Memahami Komponen Router

Sebelum memulai proses pemasangan pelajari terlebih dahulu komponen-komponen utama yang terdapat pada router WiFi. Jadi kamu bisa lebih memahami cara pasang router WiFi yang baik dan benar.

Umumnya, router WiFi memiliki port WAN atau Wide Area Network yang umumnya digunakan untuk menghubungkan modem.

Selain itu router WiFi juga memiliki port LAN atau Local Area Network yang bermanfaat untuk menghubungkan perangkat lain secara kabel. Router WiFi juga dilengkapi dengan tombol pengaturan dan indikator LED yang menunjukkan status koneksi.

3. Menghubungkan Router dengan Modem

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan router dengan modem. Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mematikan modem apabila masih dalam keadaan menyala. Setelah itu ambil kabel ethernet dan hubungkan satu ujung ke port WAN di belakang router. Sedangkan untuk ujung lainnya sambungkan ke bagian modem.

4. Nyalakan Router WiFi

Jika sudah berhasil menghubungkan router ke modem, langkah selanjutnya adalah menyalakan router. Kamu hanya perlu menyambungkan router ke sumber listrik menggunakan kabel listrik yang sudah disertakan.

Nyalakan router WiFi dengan cara menekan tombol daya. Tunggu hingga indikator LED menunjukkan bahwa router sudah menyala dan siap digunakan.

5. Lakukan Konfigurasi Router

Cara pasang router WiFi selanjutnya adalah melakukan konfigurasi atau pengaturan dasar pada router. Langkah ini akan mengakses antarmuka pengguna router dan mengkonfigurasi pengaturan jaringan yang dibutuhkan.

Agar lebih jelas berikut langkah-langkah melakukan konfigurasi router yang bisa kamu ikuti.

  • Periksa petunjuk yang sudah disertakan pada router untuk mengetahui alamat IP bawaan dan informasi login.
  • Buka browser web di komputer atau laptop yang sudah terhubung ke router secara kabel.
  • Ketikan alamat IP router pada bilah alamat browser kemudian tekan enter.
  • Halaman login router akan muncul.
  • Masukkan informasi login yang dibutuhkan. Biasanya berupa nama pengguna dan kata sandi. Jika tidak mengetahui informasi tersebut periksa petunjuk router atau hubungi produsen.
  • Jika sudah berhasil login kamu akan diarahkan ke halaman antarmuka pengguna router.
  • Setelah itu kamu dapat memulai proses konfigurasi pengaturan jaringan seperti nama jaringan SSID dan kata sandi.
  • Buat kata sandi yang kuat dan unik untuk meningkatkan keamanan jaringan.
  • Simpan pengaturan yang sudah kamu buat.

6. Lakukan Konfigurasi Keamanan Tambahan

Cara pasang router WiFi selanjutnya adalah melakukan konfigurasi keamanan tambahan. Bukan hanya kata sandi saja, ada baiknya kamu juga mengaktifkan pengamanan tambahan seperti enkripsi WPA2 atau WPA3. Tambahan enkripsi semacam ini bermanfaat untuk memberikan lapisan keamanan ekstra guna melindungi data kamu dari ancaman keamanan online

7. Restart Router

Setelah melakukan semua pengaturan di atas, langkah selanjutnya adalah restart router WiFi agar semua perubahan yang sudah kamu buat dapat diterapkan. Matikan router dengan cara melepas kabel daya dari stop kontak. Tunggu beberapa detik sebelum mulai menyambungkannya kembali.

8. Lakukan Uji Konektivitas

Langkah terakhir adalah melakukan tes koneksi dan memastikan jika semuanya berfungsi dengan baik. Caranya kamu hanya perlu membuka browser web pada perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan WiFi dan coba akses beberapa situs web untuk memastikan koneksi internet berjalan lancar.

Bukan hanya itu saja, pastikan juga kamu memiliki keamanan yang memadai dengan memeriksa pengaturan keamanan pada router. Caranya dengan mengaktifkan enkripsi WPA2 atau WPA3 untuk melindungi jaringan WiFi dari akses yang tidak sah.

Dapatkan Koneksi Internet yang Kencang dan Stabil Hanya dari Biznet

Biznet Home merupakan solusi terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan internet dengan kualitas optimal. Harga layanan yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp250.000 setiap bulan. Dengan biaya berlangganan tersebut, kamu sudah bisa menikmati berbagai kemudahan internet dengan kualitas premium dan stabil.

Biznet Home juga menawarkan paket khusus gamer yang memiliki bandwidth hingga 250 Mbps dengan IP publik. Sedangkan jika ingin menggunakan WiFi untuk keperluan hiburan, Biznet Home Internet juga menawarkan berbagai pilihan paket khusus. Salah satunya adalah Biznet Home Combo IP. Paket ini hadir dengan kecepatan bandwidth mulai dari 100 Mbps.

Layanan paket internet yang ditawarkan Biznet Home cukup beragam. Jadi kamu hanya perlu memilih paket internet yang paling sesuai dengan kebutuhan. Koneksi internet yang kencang dan stabil dari Biznet akan membuat berbagai aktivitas menjadi lebih menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi dapatkan penawaran terbaik hanya di Biznet Home.