Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Mengoptimalkan Keamanan Internet Rumah

Jul 17, 2023

Keamanan jaringan internet rumah merupakan hal yang penting untuk menghindari serangan siber atau pencurian data pribadi. Yuk, cara menjaga keamanan internet rumah!

Internet memang memudahkan berbagai aktivitas online termasuk di rumah. Namun, keamanan internet rumah menjadi hal yang kurang diperhatikan. Padahal, menjaga keamanan internet merupakan hal yang penting, lho. Keamanan internet merupakan langkah-langkah untuk melindungi informasi pribadi, data, dan privasi kamu saat menggunakan internet di rumah. Keamanan internet menjadi hal penting dalam lingkungan digital karena informasi dan data sensitif lainnya rentan terhadap ancaman, pencurian, dan penipuan online. Yuk ketahui pentingnya menjaga keamanan internet rumah dan caranya!

Pentingnya menjaga keamanan internet rumah

Apa pentingnya menjaga keamanan internet rumah? Berikut alasannya:

  • Melindungi data pribadi

Kamu sering mengakses dan membagikan data pribadi menggunakan jaringan internet rumah. Misalnya, informasi keuangan, informasi identitas, atau dokumen penting lainnya. Misalnya dalam transaksi keuangan menggunakan m-banking, kamu memasukkan username dan password untuk membuka aplikasi tersebut. Menjaga keamanan internet rumah membantu melindungi data pribadi kamu dari akses yang tidak sah atau pencurian identitas. 

  • Mencegah serangan siber

Di lingkungan digital yang semakin berkembang, serangan siber merupakan ancaman yang nyata. Menjaga keamanan internet rumah seperti menggunakan firewall, enkripsi, dan perangkat lunak keamanan membantu mencegah serangan siber seperti virus, malware, dan serangan peretas.

  • Koneksi lebih aman

Dengan menjaga keamanan internet rumah, kamu bisa memastikan bahwa koneksi internet kamu tidak disusupi oleh pihak yang tidak seharusnya. Hal ini menjaga kecepatan dan stabilitas koneksi. Dengan menjaga keamanan, menghindari pemakaian bandwidth yang tidak sah. 

  • Perlindungan anak-anak

Jika di rumahmu ada anak-anak yang menggunakan internet, menjaga keamanan internet rumah merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dapat melindungi mereka dari konten yang tidak sesuai. Kamu bisa menggunakan fitur pengaturan orang tua atau perangkat lunak kontrol parental untuk membatasi akses anak-anak ke konten tertentu yang tidak sesuai atau berbahaya.

  • Menghindari pencurian wifi

Keamanan internet rumah juga melibatkan melindungi jaringan wifi dari pencurian. Jika jaringan wifi kamu tidak terlindungi dengan baik, orang yang tidak berwenang dapat menggunakan jaringan untuk kegiatan yang tidak sah atau merugikan.

  • Menjaga keamanan informasi finansial

Banyak orang menggunakan internet rumah untuk melakukan transaksi keuangan, seperti m-banking atau belanja online. Menjaga keamanan internet rumah membantu melindungi informasi finansial dari pencurian atau penipuan online.

Cara Menjaga Keamanan Internet Rumah

Lalu, bagaimana cara menjaga keamanan internet rumah? Berikut cara yang bisa kamu coba: 

  • Perbarui firmware secara teratur

Pastikan semua perangkat yang terhubung ke wifi atau internet rumah seperti router, komputer, atau HP selalu diperbarui ke versi terbaru perangkat lunak dan pembaruan keamanan. Pembaruan ini dapat memperbaiki kerentanan keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk mengakses data pribadi atau data penting milik kita.

  • Gunakan password yang kuat

Gunakan kata sandi yang kompleks dan kuat untuk router wifi dan perangkat yang terhubung ke jaringan. Kata sandi yang kuat sebaiknya terdiri dari gabungan huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol unik. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak oleh orang lain seperti tanggal lahir atau nama lengkap. 

  • Aktifkan enkripsi wifi

Enkripsi wifi adalah proses penyandian data yang dikirim melalui jaringan wifi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan informasi yang dikirimkan antar perangkat yang terhubung ke jaringan wifi. Untuk menjaga keamanan, pastikan wifi di rumah sudah menggunakan protokol enkripsi yang kuat seperti WPA2 atau WPA3. Enkripsi ini membantu melindungi data yang dikirimkan melalui jaringan dari penyadapan oleh peretas atau pihak yang tidak seharusnya. 

  • Aktifkan firewall

Firewall merupakan pertahanan pertama yang melindungi jaringan dari serangan yang bisa merusak atau mencuri data penting. Firewall dapat mendeteksi dan memblokir serangan jaringan yang mencoba mengakses jaringanmu. Ini mencakup serangan hacking, malware, phishing, dan serangan DDoS. Coba periksa apakah router wifi memiliki fitur firewall dan pastikan fitur tersebut sudah diaktifkan.

  • Atur nama jaringan (SSID)

Hindari menggunakan nama jaringan internet (SSID) yang mengungkapkan identitas pribadi atau alamat rumah. Gunakan nama yang unik dan tidak mudah ditebak. Hal ini berguna untuk melindungi privasi dan mencegah adanya serangan terhadap jaringan internet rumah. Penamaan jaringan (SSID) sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung terhadap keamanan internet. Tapi, mengatur nama SSID dengan baik dapat meningkatkan keamanan internet di rumah. 

  • Matikan fitur WPS (Wifi Protected Setup)

Untuk menjaga keamanan wifi di rumah, matikan fitur WPS pada router kamu. Meskipun WPS dirancang untuk memudahkan pengaturan jaringan wifi tapi ini bisa menjadi titik masuk bagi peretas. WPS tidak menyediakan tingkat keamanan yang sama seperti  WPA2 atau WPA3 yang menggunakan kata sandi kuat. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan internet rumah, lebih baik menggunakan metode WPA2-PSK dengan kata sandi yang kuat. 

  • Jaga perangkat terbaru tetap terlindungi

Selain router wifi, pastikan perangkat lain yang terhubung ke jaringan internet rumah sudah dilengkapi software keamanan terbaru seperti antivirus atau firewall. Berikut beberapa alasan pentingnya melindungi perangkat dengan antivirus atau firewall: 

  • Perlindungan dari serangan malware seperti worm, trojan, dan ransomware. 
  • Mendeteksi ancaman jaringan 
  • Melindungi data pribadi dari pencurian dan penyalahgunaan
  • Mengidentifikasi dan memblokir situs web yang berbahaya terkait serangan online.

Sudah tahu kan pentingnya menjaga keamanan internet rumah? Semoga 7 tips di atas membantu dan bisa diaplikasikan, ya. Untukmu yang sedang mencari internet rumah, BiznetHome bisa jadi solusi yang tepat. Dengan BiznetHome yang menghadirkan bandwidth hingga 250 Mbps dan kuota unlimited, kamu bisa internetan dan melakukan berbagai kegiatan digital 24/7 tanpa khawatir. Yuk, beli sekarang!