Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Memperluas Jaringan WiFi di Rumah dengan Mudah

Jul 24, 2023

Saat ini, kamu sudah menggunakan WiFi di rumah untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Terkadang, kamu menyadari bahwa jaringan internet sering melemah, padahal lagi ada pekerjaan atau projek penting yang harus kamu lakukan dengan internet. Kalau seperti ini, pasti bete, ‘kan? 

Ada berbagai penyebab dari koneksi internet WiFi kamu yang sering melemah. Apa saja, ya?

Faktor Jaringan WiFi di Rumah Melambat

  • WiFi terkoneksi dengan banyak perangkat

Banyak device yang terhubung dengan koneksi internet dari WiFi. Misalnya, WiFi yang kamu gunakan hanya menyediakan kapasitas untuk 2-3 perangkat. Ternyata, di rumah tersebut ada 5 devices menggunakan WiFi di waktu yang bersamaan  dengan kapasitas data di luar batas ketentuan.

  • WiFi yang tidak memiliki pengamanan password

Jaringan WiFi kamu tidak dalam kondisi aman (Secure) yang dilindungi oleh password. Sehingga, tetangga sebelah rumah kamu bisa saja mengakses jaringan WiFi tanpa izin. 

  • Intervensi jaringan berupa benda maupun ruangan

Ada benda atau ruangan lain yang menghalangi router untuk memperluas dan memperkuat jaringan WiFi. Sehingga, kamu tidak dapat terkoneksi dengan internet meskipun di dalam rumah dengan luas yang cukup. 

Nah, penjelasan di atas menjadi contoh nyata yang sering tidak terpikirkan oleh user WiFi sebagai penyebab dari jaringan WiFi yang sering melemah dan sangat mengganggu produktivitas. Supaya kamu terbebas dari kualitas sinyal internet yang melemah, yuk ikuti cara memperluas jaringan WiFi di rumah berikut ini!

Cara Memperluas Jaringan WiFi di Rumah Dengan Mudah

Untuk koneksi internet yang kuat di rumah dengan menggunakan WiFi, kali ini akan fokus kepada router sebagai perangkat yang berfungsi untuk memancarkan sinyal WiFi yang menjangkau satu rumah. Lebih lengkapnya, simak di bawah ini!

  • Letakkan router dengan di tengah ruangan

Kamu dapat meletakkan router di ruang tengah rumah yang terbuka agar dapat memancarkan jaringan WiFi lebih luas dan menyeluruh hingga ke ruangan kamar. Hindari letakkan router di dekat dapur yang dekat dengan microwave karena gelombang frekuensi yang serupa, dan dapat menghambat transmis jaringan sinyal WiFi.

  • Ubah frekuensi menjadi 5 GHz

WiFi pada umumnya memiliki gelombang frekuensi sebesar 2,4 GHz. Namun, apabila pada frekuensi tersebut sinyal WiFi tidak memancarkan kecepatan yang baik, ada baiknya kamu mengubah frekuensi menjadi 5 GHz di pengaturan laptop, komputer, maupun HP. 

  • Memutuskan koneksi WiFi di perangkat yang tidak perlu

Salah satu pengaruh yang memperlambat jaringan WiFi adalah perangkat (Device) yang terkoneksi dengan internet di waktu yang bersamaan. Jika memang perangkat tersebut sedang tidak membutuhkan WiFi, non-aktifkan jaringan pada device yang tidak diperlukan, gunakan pada perangkat yang diperlukan. 

  • Gunakan WiFi extender

Cara memperluas jaringan WiFi untuk menunjang koneksi internet di rumah dapat menggunakan perangkat tambahan, seperti WiFi extender. WiFi extender berfungsi untuk menyalurkan ulang sinyal ke router, lalu menjangkaunya ke seluruh ruangan. WiFi extender juga berguna untuk memperkuat jaringan internet. Selain WiFi extender, kamu juga dapat memanfaatkan WiFi adapter yang fungsinya hampir serupa. 

  • Mengganti router dan antena

Router yang sudah tergabung dengan antena dapat mengalami penurunan fungsi dalam menyalurkan sinyal WiFi. nah, untuk memperluas jaringan WiFi, kamu bisa mengganti router ataupun antena itu sendiri akibat penggunaan perangkat tersebut yang memungkinkan sudah berjalan beberapa tahun. Pilih router dan antena yang berkualitas agar sinyal WiFi di rumah dapat menjangkau ke titik yang lebih luas. 

  • Menambah access point (AP)

Access point merupakan perangkat keras yang bertujuan untuk mengirim dan menerima data jaringan nirkabel seperti WiFi. Hardware ini bisa kamu gunakan di beberapa titik di rumah kamu yang sangat luas, dan berpotensi memiliki banyak sekat, penghalang, atau dapat menembus di ruang tertutup. 

Sudah banyak router yang sekarang ini mempunyai fitur acces point mode, sehingga bisa kamu atur untuk memperluas jaringan WiFi. 

Tips Memperluas Jaringan WiFi Dengan Paket Internet Khusus Rumah

Mungkin cara memperluas jaringan WiFi menggunakan bantuan perangkat keras sudah kamu lakukan, tapi kamu merasa sinyal internet tidak optimal kecepatan dan kestabilannya. 

Selain cara tersebut, kamu bisa mempertimbangkan paket internet yang menyediakan batasan perangkat (Device) untuk terkoneksi dengan WiFi. Kemudian, pastikan paket internet dari provider memiliki keamanan jaringan yang dapat diatur dengan privasi berupa password. 

Paket internet rumahan yang tentunya menyediakan layanan tersebut? Tentunya Biznet Home! Dengan teknologi fiber optic tercanggih di Indonesia, jaringan internet tentunya selalu stabil dan kuat untuk streaming, browsing, dan download. Demi keamanan dan kenyamanan kamu, Biznet Home memiliki keamanan jaringan maksimal agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti pencurian jaringan internet. 

Hubungi Biznet Home di sekitar area rumah kamu, atau cek disini untuk melihat paket internet rumahan yang terjangkau dengan kecepatan maksimal dari Biznet Home.