Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop yang Lemah

Jul 21, 2023

Koneksi WiFi yang diakses melalui laptop bisa berjalan lambat dan mengganggu pekerjaan kamu. Cari tahu cara memperkuat sinyal WiFi laptop berikut ini!

Sinyal WiFi yang lemah tentunya sangat menyebalkan dan menyulitkan pekerjaan yang ingin kamu selesaikan dengan bantuan koneksi internet. Padahal, kamu sudah menggunakan perangkat seperti laptop, agar bekerja terasa lebih nyaman dan dapat mengakses banyak informasi dari internet. 

Perlu kamu tahu nih, sinyal WiFi laptop yang mendadak lemah tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tentunya, sinyal WiFi yang lemot tersebut dapat diperbaiki dengan beberapa cara. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini! 

Apa penyebab sinyal WiFi lemah?

Sinyal WiFi laptop yang mendadak lemah dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti berikut:

  • Jarak yang terlalu jauh antara laptop dan router 

Apabila internet WiFi melemah dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi antara laptop dengan router WiFi saling berjauhan. Sehingga, router WiFi kesulitan untuk melakukan transmisi data dengan cepat. 

  • Pengaturan jaringan yang salah konfigurasi

Selain jarak antara laptop dan router yang tidak berada di ruangan yang sama, sinyal WiFi laptop yang melambat bisa dipengaruhi oleh pengaturan jaringan di laptop itu sendiri yang kemungkinan konfigurasinya tidak tepat. 

  • Router yang bermasalah

Router dapat mengalami masalah seiring waktu, hingga mengalami kerusakan dan berdampak pada kualitas jaringan internet. Sehingga, pada kasus ini, router perlu diganti dengan yang baru agar sinyal WiFi kembali stabil dan cepat. 

  • Perangkat tambahan yang rusak

Solusi bagi kamu yang posisi router berjauhan dengan laptop, menambah device atau perangkat tambahan seperti wireless adapter sangat disarankan. Perangkat ini berbentuk seperti USB yang berantena, kemudian ditancapkan ke laptop untuk mempermudah transmisi sinyal WiFi. 

Akan tetapi, apabila device WiFi driver ini juga tidak berpengaruh terhadap koneksi yang semakin cepat, bisa jadi perangkat ini mengalami kerusakan.

  • Driver WiFi yang rusak

Driver WiFi adalah software yang berperan sebagai perantara antara perangkat keras (Router) dengan sistem operasi untuk menjalankan koneksi internet. 

Driver WiFi yang tidak terinstal dengan baik, atau mengalami kerusakan karena versi yang sudah lama, membuat sinyal WiFi laptop kamu menjadi melemah dan sulit untuk ditingkatkan kecepatannya. Selain kecepatan yang lemot, Driver WiFi lama yang tidak diganti menyebabkan jaringan internet ikut tidak stabil. 

  • Background aplikasi yang memakan banyak bandwith 

Perlu kamu tahu juga jika latar belakang aplikasi (Background app) di laptop dapat menguras bandwith atau kecepatan dari koneksi WiFi, karena fitur-fitur yang ada selalu berjalan meskipun kamu tidak mengaktifkan laptop, dan menguras data dari paket internet. 

  • Menggunakan VPN

Virtual private network (VPN) juga mempengaruhi sinyal WiFi laptop menjadi melemah, karena VPN sendiri menurunkan kecepatan internet karena adanya pengalihan jaringan. Sehingga, saat kamu mengakses internet dengan VPN di laptop, koneksi menjadi lambat. 

  • Gangguan frekuensi router

Router WiFi memiliki gelombang elektromagnetik senilai 2,4 GHz yang senilai dengan peralatan rumah tangga yang mengandalkan energi listrik, misalnya microwave. Jika router diletakkan secara berdekatan dengan peralatan dengan gelombang frekuensi yang sama, terjadilah gangguan frekuensi yang menyebabkan sinyal WiFi laptop melemah. 

Bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi di laptop?

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan dan kualitas sinyal WiFi ini tentunya dapat kamu atasi dengan mudah. Berikut ini adalah cara memperkuat sinyal WiFi laptop dengan koneksi yang lemah:

  • Posisikan laptop dekat dengan router 

Untuk memperkuat sinyal WiFi saat kamu terkoneksi dengan laptop, pastikan laptop kamu berdekatan dengan router agar sinyal WiFi dan jaringan internet mampu memberi koneksi yang cepat dan stabil. 

  • Gunakan wireless adapter untuk memperkuat sinyal

Bagi kamu yang belum pernah mencoba wireless adapter untuk mengoptimalkan sinyal WiFi laptop, sambungkanlah perangkat tersebut ke port laptop, dan kamu akan terkesima secara tiba-tiba dengan kecepatan transfer data yang menjadi cepat dan stabil. 

  • Gunakan WiFi repeater atau extender agar jaringan tersebar luas

Apabila posisi laptop kamu terhalangi oleh tembok atau ruang lainnya, sehingga tidak mendapatkan koneksi WiFi yang kuat, coba pasangkan WiFi repeater atau extender untuk memperluas sekaligus memperkuat sinyal WiFi laptop. 

Cara kerja WiFi repeater adalah dengan menghubungkan ke jaringan WiFi secara nirkabel, lalu menyebar luaskan jaringan tersebut. 

Berbeda dengan WiFi extender yang terhubung ke router langsung dengan membentuk jaringan yang baru. 

  • Cek letak router 

Router yang dapat memberikan koneksi maksimal terhadap sinyal WiFi di laptop kamu terletak di tempat yang tidak terhalang oleh benda lain, misalnya microwave. Microwave memiliki gelombang frekuensi yang sama dengan router WiFi, sehingga sinyal WiFi laptop menjadi lemah. 

  • Ubah frekuensi router WiFi

Agar sinyal WiFi lebih stabil tanpa ada gangguan dari benda yang memiliki gelombang elektromagnetik, mengubah frekuensi router menjadi cara untuk memperkuat sinyal WiFi laptop. Misalnya, dari frekuensi 2,4 GHz menjadi 5 GHz.

  • Ganti router apabila rusak

Jika berbagai cara memperkuat sinyal WiFi laptop di atas tadi tidak membuahkan hasil, masalah utama bisa jadi pada router yang mengalami kerusakan, sehingga jaringan WiFi tidak dapata bekerja dengan baik. Kamu bisa hubungi provider Internet untuk pembenahan kerusakan router dan akan diganti dengan yang baru. 

Apabila kamu ingin jaringan internet WiFi yang super cepat, stabil, dan bebas gangguan untuk kebutuhan di rumah, pakai Biznet Home yang telah terkoneksi dengan lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia. Dijamin semakin melangkah maju dengan Biznet Home.