Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Kamu Gunakan

Apr 27, 2023

Semua orang pasti senang ketika dapat menikmati kecepatan Internet yang tinggi serta kondisi jaringan yang stabil. Namun, tidak semua tempat dan jaringan WiFi yang digunakan bisa memberikan hal ini. Ada kalanya kecepatan internet turun secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Nah, di sini kamu bisa tahu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet yang kamu gunakan.

Kamu mungkin sudah melihat beberapa tips di artikel lain, dan masih belum berhasil membuat koneksi Internet kamu jadi lebih cepat. Ada beberapa tips yang bisa kamu baca di sini, dan bisa terbilang lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan, bahkan oleh kamu yang tidak terlalu memahami cara mengatur setelan pada laptop atau browser kamu. Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

Membersihkan Browser yang Digunakan

Kamu bisa mempercepat jaringan Internet kamu ketika browsing, dengan cara membersihkan browser kamu secara rutin. Ketika kamu mengunjungi situs dan berbagai laman, seringkali browser menyimpan cookiescache, dan history untuk memudahkan kamu melihat riwayat aktivitas browsing kamu. Nah, ketika hal ini menumpuk, maka kecepatan Internet kamu cenderung akan turun.

Kamu bisa memeriksa ‘tumpukan’ ini pada browser kamu. Ada baiknya, tumpukan ini dibersihkan secara rutin sehingga kecepatan jaringan internet yang kamu gunakan terus terjaga dan selalu berada dalam titik yang optimal. Karena cara ini cukup mudah untuk dilakukan, jangan sampai hal sepele seperti ini menjadi penghambat jaringan Internet rumah kamu ya!

Multitasking yang Terlalu Banyak

Apakah kamu sering membuka browser untuk bekerja, sekaligus membuka layanan streamingmarketplace dan masih banyak situs lain secara bersamaan sehingga menghasilkan belasan tab terbuka sekaligus? Ya, hal ini mungkin adalah sebuah kewajaran ketika kita butuh penyegaran ketika sedang bekerja atau mengerjakan tugas. Namun, tahukah kamu bahwa semakin banyak tab yang dibuka maka Internet kamu akan terasa semakin lambat?

Mempercepat koneksi Internet dapat dilakukan dengan membatasi jumlah tab yang dibuka dalam satu waktu. Setiap tab akan melakukan loading informasi yang tidak sedikit, belum lagi jika terdapat iklan atau video. Jika tab yang demikian berjumlah cukup banyak, maka kecepatan jaringan juga akan terbagi-bagi secara merata sehingga Internet akan terasa semakin lambat.

Posisi Router yang Ideal Bisa Mempercepat Koneksi Interner

Menempatkan router pada posisi yang tepat dapat benar-benar mengoptimalkan jaringan Internet yang kamu miliki. Syarat titik penempatan router sebenarnya cukup sederhana, yaitu tidak terhalangi benda tebal, tidak terhimpit tembok beton atau logam, berada pada ruangan yang lengang, dan posisinya cukup tinggi. Dengan demikian, router dapat memancarkan koneksi Internet dengan lebih optimal.

Tidak jarang penempatan router dilakukan seadanya, asalkan terlihat dan tetap bisa terhubung dengan perangkat yang digunakan. Penempatan router yang tepat seperti yang disebutkan di atas sangat direkomendasikan untuk menunjang kelancaran dan optimalisasi kecepatan Internet.

Batasi Jumlah Pengguan dalam Satu Waktu

Beberapa tempat bisnis seperti kafe telah memberlakukan hal ini, baik disadari ataupun tidak. Dengan memberikan password pada konsumen yang datang dan membeli produk di kafe tersebut, akan membatasi jumlah pengguna secara cukup signifikan. Jadi orang yang tidak membeli produk di kafe tersebut tidak dapat mengakses Internet dengan bebas.

Nah, kamu juga bisa melakukan hal ini di rumah kamu sendiri. Misalnya, dengan jaringan Internet yang berkapasitas 10 orang, maka hanya 10 perangkat yang diberikan password untuk mengakses Internet, dan perangkat lain tidak dapat terhubung atau menggunakan Internet untuk menjaga kecepatan Internet tetap pada kualitas terbaik.

Pastikan untuk Menggunakan Provider Terbaik

Terakhir, dan tidak kalah penting, adalah memilih provider Internet terbaik. Tidak perlu mahal, banyak Paket Internet murah yang tersedia dan bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Hal yang penting adalah, selalu melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, serta cakupan wilayah layanan yang diberikan.

Berbagai pilihan paket Internet dapat menjadi solusi untuk membuat koneksi Internet di rumah kamu jadi lebih cepat. Dengan menggunakan layanan dedicated, kamu akan mendapatkan pengalaman ber-Internet yang lebih nyaman.

Solusi mempercepat koneksi Internet memang dapat kamu temukan dari berbagai sumber. Namun, tidak semua solusi akan berhasil dengan lancar. Terkadang kamu perlu mencari referensi, tips dan trik dari sumber lain yang bisa benar-benar memecahkan masalah kamu. Jadi, mengingat kamu sudah terhubung pada jaringan informasi yang mendunia, tak ada salahnya terus mencari informasi sampai kamu menemukan solusi terbaik.

Supaya koneksi Internet kamu makin cepat, sangat direkomendasikan untuk memilih provider Internet yang handal. Salah satu yang terbaik adalah  Biznet Home, yang menyediakan berbagai pilihan paket Internet dengan harga terjangkau. Kamu bisa secara langsung mengunjungi website biznethome.net untuk cari informasi detail mengenati paket layanan serta cakupan area Biznet. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs resminya, isi data diri kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!