Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Memilih Provider Internet Terbaik untuk di Rumah

Jul 21, 2023

WiFi sudah menjadi kebutuhan pokok di setiap rumah untuk mempermudah akses internet, mulai dari pemenuhan kebutuhan hiburan dan lifestyle, pembelajaran daring (online), bisnis rumahan, sampai hobi bermain game. 

Maka dari itu, kamu perlu jeli dalam memilih provider internet terbaik untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan secara online. Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih provider internet untuk di rumah?

Bagaimana cara memilih provider internet terbaik untuk kebutuhan rumah?

  • Perhatikan kapasitas bandwith 

Pertama, kamu mungkin akan selektif memilih provider internet berdasarkan bandwith terlebih dahulu. Nah, bandwith sendiri adalah kapasitas jaringan internet untuk melakukan transfer data dari server ke user. Pastinya bandwith untuk melakukan video call and conference, video streaming, sampai game online memiliki kapasitas transfer yang berbeda. 

Kamu bisa mempertimbangkan provider yang akan digunakan di rumah yang menghadirkan kapasitas bandwith minimal 30 Mbps, yang artinya transfer data dari server ke user akan lebih cepat dan lancar. 

  • Ketersediaan provider di lokasi tertentu

Perlu diketahui bahwa tidak semua provider internet dapat menjangkau di lokasi dan wilayah tertentu, meskipun rumah kamu berada di kota besar. Nah, kamu bisa melakukan survey di lingkungan sekitar terkait ketersediaan provider internet yang mampu menjangkau kecepatan sesuai kebutuhan, serta jaringan yang stabil. 

  • Paket dan layanan yang tersedia

Sekarang ini, provider internet tidak hanya menyediakan fasilitas jaringan internet saja. Provider internet sendiri memiliki beragam paket yang menawarkan jaringan internet dengan kecepatan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan perangkat yang digunakan, TV kabel, sampai merchandise eksklusif bagi pelanggan. 

Kamu bisa langsung mendatangi bagian pemasaran dari provider internet yang ada di lingkungan rumah, atau mencari tahu lebih lanjut dari situs resmi dan ulasan terbaik para pengguna melalui internet. 

  • Variasi harga

Setiap provider internet menawarkan paket dengan layanan dan harga yang bervariasi. Nah, tugas kamu adalah menyesuaikan anggaran (budget) untuk memasang jaringan internet di rumah. Lalu, cek harga paket dari setiap provider internet. Dari pencarian tersebut, kamu bisa menilai provider yang menyediakan paket dengan harga lebih mahal, namun dengan kecepatan yang lambat, dan juga sebaliknya. 

  • Teknologi fiber optic

Jaringan internet yang cepat tentunya didukung oleh teknologi khusus agar koneksi tetap stabil. Sekarang ini, koneksi internet yang stabil dan cepat karena adanya teknologi serat optik (Fiber optic). Selain memberi bandwith atau kecepatan jaringan yang sangat melesat dalam transfer data, fiber optic dinilai sangat aman dari korsleting karena tidak memiliki arus listrik. Ditambah lagi dengan daya tahan yang lebih kuat dan lama, serta diameter yang kecil dan berat yang ringan. 

  • Fitur keamanan

Saat kamu melakukan survey untuk memilih provider internet untuk kebutuhan di rumah, jangan lupa untuk cari tahu fitur keamanan yang dimiliki. Provider internet yang baik dapat bertanggung jawab atas keamanan jaringan agar selalu aman dan terhindar dari virus dan serangan siber (Cybercrime). Maka dari itu, periksa apakah provider internet yang akan kamu gunakan mempunyai antivirus, firewall, dan enkripsi data. 

  • Pilihan router yang dapat disesuaikan

Apabila kamu telah berlangganan paket internet seperti WiFi di rumah, router tentu diberikan secara gratis. Namun, router juga berpengaruh pada sistem jaringan internet, lho. Kamu dapat mempertimbangkan dan riset jenis router agar dapat terkoneksi secara menyeluruh di rumah. 

  • Kemudahan mendapatkan servis dan layanan

Provider internet terbaik pastinya menyediakan servis dan layanan 24 jam yang dapat dijangkau secara online maupun offline. Apabila jaringan internet atau perangkat modem mengalami gangguan, kamu bisa langsung menghubungi bagian customer care dan melihat servis yang tanggap dan responsif. 

Sebelum kamu memilh provider internet untuk dipasang di rumah, mencari tahu review layanan oleh banyak orang di internet mengenai pelayanan dan servis tentu tak kalah penting dibanding fasilitas dan paket yang tersedia. 

  • Kemudahan dalam pembayaran tagihan dan pengembalian uang

Pembayaran tagihan internet yang mudah, seperti melalui ATM, m-banking, atau minimarket terdekat juga menjadi faktor bahwa provider internet yang baik mampu memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Pembayaran paket internet secara bulanan atau tahunan yang dapat dijangkau di sekitar kamu menghambat jaringan internet terputus secara tiba-tiba, atau denda karena telat bayar. 

Selain itu, cek terlebih dulu apakah provider internet yang kamu pilih memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Kamu bisa tanya lebih mendalam dengan officer dari provider internet tersebut, atau melalui surat kontrak berlangganan. Poin penting yang harus kamu ketahui dengan jelas adalah biaya langganan paket internet, serta cara dan kebijakan pengembalian uang jika kamu melakukan pembatalan akibat ketidakpuasan layanan dan servis yang diterima. 

Nah, itu tadi penjelasan berbagai faktor yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih provider internet terbaik untuk kebutuhan di rumah. Pastikan memiliki kecepatan yang stabil, sehingga kamu bisa melangkah lebih maju dalam bekerja dan berinovasi. Jangan anggap sepele servis dan layanan yang diberikan untuk kepuasan kamu sebagai pelanggan. 

Untuk itu, Biznet Home menjadi provider internet terbaik untuk kebutuhan di rumah kamu dengan paket variatif sesuai keperluan, servis dan layanan yang tanggap, dan kecepatan stabil yang tak diragukan lagi. Jadi, kamu semakin nyaman untuk berselancar di internet dan buat pembaharuan versi terbaikmu dengan cepat.