Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Agar Koneksi Internet Stabil dan Cepat

Jul 13, 2023

9 Cara Agar Koneksi Internet Stabil dan Cepat

Koneksi internet stabil merupakan hal penting untuk berbagai keperluan. Bagaimana cara menjaga agar internet stabil dan cepat? Berikut 8 tips yang bisa kamu coba!

Di era digital seperti ini, memiliki koneksi internet yang stabil merupakan hal yang sangat penting. Ketika koneksi internet terganggu atau tidak stabil, produktivitas, hiburan, komunikasi, dan aktivitas lainnya dapat terganggu. Sebenarnya apa penyebab koneksi tidak stabil? Lalu bagaimana cara menjaga kestabilan koneksi internet? Yuk baca terus untuk temukan jawabannya!

Penyebab koneksi internet tidak stabil: 
  • Kelebihan beban

Jika terlalu banyak perangkat yang terhubung bersamaan akan memakan banyak bandwidth yang mengakibatkan kecepatan internet menurun atau jadi tidak stabil. 

  • Perangkat koneksi rusak

Masalah pada perangkat koneksi seperti router juga mengakibatkan ketidakstabilan koneksi internet seperti kerusakan fisik atau konfigurasi yang salah. 

  • Gangguan eksternal

Faktor eksternal seperti cuaca buruk, bencana alam, pemadaman listrik, dan gangguan peralatan elektromagnetik lainnya dapat menyebabkan koneksi internet tidak stabil. 

  • Masalah dari penyedia layanan

Terkadang penyedia layanan internet juga mengalami masalah teknis atau kelebihan beban yang mengakibatkan koneksi tidak stabil.

Cara agar internet tetap stabil

Berikut adalah 8 cara menjaga kestabilan koneksi internet yang bisa kamu coba:

  • Batasi penggunaan tab pada browser

Seringkali ketika beraktivitas menggunakan browser, kita membuka banyak tab sekaligus dan lupa menutupnya meskipun sudah tidak digunakan. Kebiasaan ini ternyata dapat berdampak pada stabilitas koneksi internetmu. Setiap tab yang dibuka akan mengkonsumsi sumber daya komputer termasuk bandwidth jaringan. Semakin banyak tab yang dibuka, maka akan semakin banyak data yang harus diunduh dan diunggah yang dapat memengaruhi kecepatan internet.

Selain itu, beberapa situs web menggunakan teknologi yang memakan sumber daya komputer lebih besar seperti animasi dan video streaming. Jika kamu membuka banyak tab seperti ini, maka koneksi internet akan melambat. 

Oleh karena itu disarankan untuk membatasi jumlah tab yang dibuka pada browser apalagi jika sudah tidak terpakai maka lebih baik ditutup. Kamu bisa menggunakan fitur bookmark untuk menyimpan tautan dan dibuka kembali nanti. 

  • Tempatkan router di posisi yang tepat 

Agar koneksi internet stabil dan lancar, kamu harus meletakkan router di lokasi yang bebas hambatan seperti dinding tebal dan dekat dengan perangkat yang kamu gunakan. Selain itu, hindari meletakkan router di dekat peralatan elektronik yang dapat menyebabkan interferensi atau gangguan sinyal. Letakkan router di tempat yang tinggi dan dekat dengan sirkulasi udara yang baik untuk menghindari overheating pada router. 

  • Perbarui firmware router

Agar koneksi internet tetap stabil, kamu harus memastikan bahwa router bekerja dengan optimal. Selalu perbarui firmware router kamu ke versi terbaru. Firmware merupakan software yang terpasang di router dan bertanggungjawab untuk mengendalikan fungsi serta fitur-fitur router. Berikut 3 alasan penting memperbarui firmware router: 

  • Menjaga keamanan jaringan dan melindungi diri dari serangan yang berpotensi merusak. 
  • Pembaruan firmware juga dapat memperbaiki bug seperti perbaikan kecepatan, kestabilan koneksi, dan fungsional keseluruhan router. 
  • Firmware terbaru juga dapat menghadirkan berbagai fitur baru ke router kamu seperti peningkatan kemampuan jaringan, keamanan tambahan, dan kompatibilitas dengan standar baru. 

  • Amankan jaringan wifi

Keamanan jaringan wifi juga dapat memengaruhi kestabilan jaringan. Oleh karena itu, pastikan jaringan wifi kamu sudah mengaktifkan enkripsi seperti WPA2 atau WPA3. Gunakan kata sandi yang kuat dan mudah diingat untuk menghindari akses yang tidak sah ke jaringan tersebut. Apabila ada pengguna yang tidak sah terhubung ke jaringan wifi kamu, ini dapat membebani jaringan, menghabiskan bandwidth dan menyebabkan penurunan kecepatan. 

  • Batasi jumlah pengguna

Semakin banyak jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan yang sama, maka kecepatan akan menurun dan cenderung tidak stabil. Oleh karena itu, batasi jumlah pengguna dan perangkat yang terhubung. Atau kamu bisa mengatur penggunaan jaringan berdasarkan prioritas perangkat yang lebih membutuhkan koneksi internet yang stabil seperti laptop, PC, atau smart TV. 

  • Matikan perangkat yang tidak digunakan

Matikan semua perangkat yang sedang tidak digunakan tetapi terhubung ke wifi. Beberapa perangkat dapat terus memakan bandwidth meskipun tidak digunakan secara aktif. Hal ini tentu menyebabkan ketersediaan bandwidth terbatas untuk perangkat lainnya dan menyebabkan koneksi yang lambat dan tidak stabil. 

  • Periksa dan perbaiki jaringan fisik

Jaringan fisik juga dapat memengaruhi kecepatan internet. Jaringan fisik mencakup infrastruktur fisik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dan mentransmisikan data. 

Contohnya adalah kabel jaringan. Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan seperti kabel ethernet, kabel optik, atau kabel koaksial bisa memengaruhi kecepatan mentransfer data. Kabel dengan kualitas rendah atau kabel yang rusak dapat menurunkan stabilitas koneksi internet.

  • Gunakan kabel ethernet

Koneksi kabel ethernet cenderung lebih stabil dibanding koneksi nirkabel. Jika kamu bekerja menggunakan perangkat yang berada di tempat yang sama seperti PC, coba pertimbangkan untuk menggunakan kabel ethernet. 

Selain itu, kabel ethernet juga tidak terpengaruh oleh interferensi dari perangkat elektronik atau elektromagnetik lainnya. Jadi, koneksi internet pasti lebih stabil dan konsisten. 

  • Hubungi penyedia layanan

Apabila semua cara di atas sudah kamu coba tapi jaringan wifimu tetap tidak stabil, coba hubungi customer service dari penyedia layanan. Beritahu kendala yang kamu hadapi terkait koneksi internet wifi. Mereka akan mendiagnosa gangguan dan memberikan bantuan lebih lanjut. 

Sudah tahu cara menjaga agar koneksi internet tetap stabil? Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan, ya! Jika kamu butuh koneksi internet yang stabil bebas gangguan, segera berlangganan BiznetHome. Dengan bandwidth up to 250 Mbps, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas online dengan lancar bebas gangguan. Berlangganan sekarang juga!