Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Biznet Mulai Memanfaatkan Teknologi Panel Surya Untuk Mendukung Program Energi Terbarukan

Sep 12, 2023

Pemerintah Indonesia saat ini mengusung program Green Energy yang bertujuan untuk membuat kehidupan masyarakat di Indonesia menjadi lebih baik khususnya di sektor kesehatan lingkungan hidup. Sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, Biznet mendukung program Green Energy tersebut. Salah satu upaya yang Biznet lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi panel surya yang digunakan untuk mendukung operasional beberapa kantor Biznet di:

 

Nama Cabang

Lokasi

Kapasitas

Biznet Technovillage Data Center

Kab Bogor, Jawa Barat

79.2 kWP

Biznet Technocenter Surabaya

Kota Surabaya, Jawa Timur

20.7 kWP

Biznet Branch Kediri Bangsal

Kota Kediri, Jawa Timur

20.7 kWP

Biznet Megahouse Sidoarjo Safe-n-Lock

Kab Sidoarjo, Jawa Timur

11.5 kWP

 

Aliran listrik dari panel surya ini dimanfaatkan untuk menghidupkan kantor Biznet dan perangkat-perangkat jaringan (Network). Dengan pemanfaatan teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi pengunaan listrik konvensional sebesar 10-15%. Kedepan Biznet akan menambah lokasi kantor Biznet untuk menggunakan panel surya, dengan kapasitas yang lebih besar juga.

Panel surya merupakan teknologi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini karena dapat mengubah sinar matahari menjadi sumber listrik. Dengan demikian, penggunaan listrik dapat menjadi lebih hemat dengan memanfaatkan energi matahari. Transformasi energi ini juga dapat menjadi energi baru dalam mendukung green economy, green technology, dan juga green product, yang dimana hal ini harus terus diperkuat agar Indonesia bisa bersaing di pasar global.

Penggunaan teknologi panel surya di Biznet Technovillage ini sendiri merupakan langkah berkelanjutan yang Biznet lakukan sebagai salah satu upaya dalam melestarikan lingkungan. Di tengah isu perubahan iklim saat ini, Biznet telah menerapkan konsep ramah lingkungan di kawasan Biznet Technovillage, yang memiliki teknologi dan fasilitas modern namun tetap peduli lingkungan dengan menggunakan barang atau bahan daur ulang, seperti ornamen dari kayu yang banyak tertempel dibuat dari recycling peti kemas, serta menggunakan lampu LED yang hemat energi dan lebih terang untuk sistem penerangannya. Hal ini merupakan komitmen Biznet untuk dapat menciptakan kawasan kerja dan operasional yang ramah lingkungan.

Selain memberikan koneksi Internet yang terbaik, Biznet turut mendukung program pemerintah dengan upaya menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim melalui konsep green energy, untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) yang menjadi agenda dunia. Tentunya, upaya Biznet dalam memanfaatkan energi panel surya ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk keberlangsungan hidup masyarakat hingga ke masa depan.