Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Biaya Pasang WiFi di Rumah Supaya Hemat, Perhatikan 4 Hal Ini!

Jul 28, 2023

Layanan digital hampir merambah ke semua aspek kehidupan orang dewasa, bahkan anak-anak untuk menemaninya belajar online atau sekadar bermain game. Guna membantu memenuhi kebutuhan tersebut dengan budget lebih hemat, layanan WiFi hadir sebagai solusi yang tepat.

Dengan berlangganan WiFi, kamu akan mendapatkan kuota unlimited. Jelas sangat menguntungkan daripada hanya mengandalkan internet ponsel semata. Serta dapat diakses oleh semua anggota keluarga di rumah dalam satu waktu bersamaan, tanpa khawatir kecepatannya turun.

Lantas, berapa sih biaya memasang WiFi di rumah? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kenali dulu beberapa hal yang mempengaruhi biaya pasang WiFi di rumah.

Hal Yang Mempengaruhi Biaya Pasang WiFi di Rumah

1. Biaya Pemasangan

Memasang WiFi di rumah akan dikenakan biaya teknisi. Yang mana mereka merupakan petugas yang memasangkan alat-alat untuk menciptakan akses internet di area tinggal yang kamu inginkan. Adapun besaran biaya yang dikeluarkan bervariasi, yakni mulai dari Rp 500.000,-, WiFi langsung aktif untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Di samping biaya instalasi, terdapat alat yang perlu dipasang. Alat ini bisa disewa, atau dibeli dengan status kepemilikan dan pelanggan tidak dikenakan kontrak berlangganan. Jika ingin membelinya, biaya perangkat ditentukan berdasarkan paket yang dipilih.

2. Biaya Kunjungan

Guna memberikan pelayanan WiFi terbaik, maka diperlukan pemeliharaan oleh teknisi, terutama saat Layanan mengalami gangguan. Untuk memperbaiki masalah yang disebabkan oleh kelalaian pemilik, biasanya dikenakan biaya mulai dari Rp 200.000,-.

Apabila kendala WiFi murni diakibatkan oleh gangguan Layanan, maka kamu tidak diperkenankan membayar meskipun teknisi sudah datang ke rumah. Selama kendala jaringan masih bisa diselesaikan, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya kunjungan.

Malah justru lebih baik, apabila perusahaan provider menyediakan tenaga teknisi sehingga tidak perlu repot mencari sewaktu-waktu membutuhkannya.

3. Biaya PPN

Tarif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) juga ditambahkan dalam total biaya pasang WiFi di rumah. Ini adalah pajak yang wajib dibayarkan oleh pembeli untuk setiap transaksi jual beli barang atau jasa, termasuk pemasangan WiFi.

Biaya PPN yang dikenakan untuk memasang WiFi di rumah yakni mulai dari 11%. Semisal, biaya paket per bulan adalah Rp 250.000,-. Setelah dikenakan PPN, maka setiap bulan harus membayar biaya yang awalnya Rp 250.000,-, kemudian ditambah PPN dikali Rp 250.000,- menjadi Rp 277.500,-

Total biaya tersebut tentunya berbeda-beda, tergantung dari biaya paket yang dipilih. Biaya inilah yang nantinya disebut sebagai biaya bulanan atau biaya berlangganan yang selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

4. Biaya Bulanan

Biaya bulanan WiFi dikemas dalam paket dengan spesifikasi yang berbeda dan menyesuaikan kebutuhan pengguna. Perbedaan tersebut mencakup kecepatan, jumlah perangkat hingga bonus layanan yang diberikan.

Kecepatan yang diberikan biasanya mulai dari 30 Mbps, 100 Mbps, dan 200 Mbps. Ingat ya, kecepatan WiFi tidak sama dengan internet biasa. Meskipun memilih paket dengan kecepatan terendah, internet WiFi lebih mumpuni dalam memenuhi kebutuhan akses internet sekeluarga di rumah.

Selain itu, satu jaringan WiFi dapat diakses hingga puluhan perangkat, termasuk perangkat TV, namun tergantung dari jenis paket yang dipilih.

Selain kecepatan dan jumlah perangkat, bonus layanan yang dipilih akan mempengaruhi biaya WiFi bulanan kamu. Bonus layanan ini bermacam-macam, seperti akses gratis WiFi hingga merchandise eksklusif.

Tips Mendapatkan Biaya Pasang WiFi di Rumah Termurah

1. Pilih Paket yang Sesuai Kebutuhan

Guna mendapatkan biaya memasang WiFi yang murah, pilih paket internet yang sesuai kebutuhan. Apakah untuk kebutuhan pribadi keluarga, atau badan usaha seperti bisnis? Beberapa provider biasanya sudah mengelompokkan paket berdasarkan kebutuhan pengguna, serta memberikan informasi berapa kecepatan dan jumlah perangkat yang terhubung.

Jika hanya ada 3 anggota keluarga, kecepatan paling rendah 30 Mbps sudah cukup. Namun untuk memenuhi kebutuhan internet sebanyak 10 orang, kecepatan 100 Mbps akan memberikan pengalaman yang lebih maksimal.

2. Jeli Mencari Tahu Benefit

Selain menentukan paket yang sesuai kebutuhan, perhatikan benefit apa saja yang diberikan. Benefit ini dapat berupa kabel perangkat yang berkualitas, misalnya kabel WiFi yang digunakan merupakan kabel fiber optic. Kabel ini memiliki keunggulan yang dapat memberikan sinyal stabil dan kencang.

Selain memberikan benefit teknologi canggih, pastikan provider memberikan fleksibilitas pemasangan WiFi, serta hadiah yang mendukung aktivitas digitalmu semakin lancar.

3. Memilih Provider WiFi Bereputasi Baik

Terakhir yang tak kalah penting dipertimbangkan yaitu memilih provider dengan reputasi bagus. Salah satu ciri yang mudah dikenali yaitu tidak sering mengalami gangguan jaringan atau kendala. Dengan begitu, biaya kunjungan dapat dihindari, dan kamu akan selalu mendapatkan akses internet terbaik sehingga lancar melakukan aktivitas online.

4. Manfaatkan Promo Pelanggan Baru

Memanfaatkan promo adalah alternatif yang tepat untuk mendapatkan biaya pasang WiFi yang murah. Bahkan, provider bereputasi bagus yang sudah berpengalaman berkecimpung dalam infrastruktur jaringan berani memberikan gratis pemasangan serta biaya paket dasar berlangganan secara percuma.

Selain gratis biaya pemasangan, pelanggan baru akan mendapatkan potongan harga khusus untuk pembelian perangkat.

Jika kamu berencana memasang WiFi di rumah, Biznet Home sedang promo khusus untuk pelanggan baru. Ada banyak pilihan paket yang bisa kamu pilih menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari internetan untuk pribadi sampai dengan bisnis yang mencakup puluhan perangkat aktif.

Semua pilihan paket Biznet Home sudah unlimited tanpa FUP sehingga bisa internetan sepuasnya. Sebelum memilih paket yang sesuai, pastikan jaringan Biznet Home menjangkau area wilayah rumah kamu ya! Lalu pilih paket murah WiFi rumah yang kamu inginkan.