Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Begini Cara Mudah Mengecek Speed Internet

Oct 18, 2023

Speed internet merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan saat kamu akan memilih paket internet. Kecepatan internet yang baik akan membuat pengalaman menggunakan internet menjadi lebih lancar.

Kecepatan internet yang tinggi akan membuat kamu bisa leluasa melakukan browsing, streaming video dalam kualitas HD, mengunduh file besar, hingga bermain game online.

Speed internet biasanya diukur dalam megabit per detik (Mbps), di mana satu Mbps sama dengan satu juta bit per detik. Kebutuhan speed internet akan berbeda-beda tergantung pada penggunaannya. 

Misalnya, kamu ingin melakukan streaming video berkualitas HD. Maka kecepatan internet yang dibutuhkan adalah sekitar 10 Mbps. Untuk bermain game online, speed internet yang kamu butuhkan akan jauh lebih tinggi.

Namun, tidak semua orang membutuhkan kecepatan internet yang sama. Speed internet yang dibutuhkan akan tergantung pada tujuan kamu menggunakan internet.

Cara Mengecek Speed Internet

Untuk mengetahui berapa speed internet yang kamu miliki saat ini, kamu bisa melakukan mengeceknya dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Menggunakan situs penguji kecepatan internet

Cara yang paling umum untuk mengecek kecepatan internet adalah menggunakan situs web penguji kecepatan internet. Ada banyak situs web penguji kecepatan internet yang tersedia secara gratis

Untuk menggunakan situs penguji speed internet, kamu cukup membuka situs yang dituju dan klik tombol “Start Test“. Situs tersebut akan melakukan langsung memproses tes kecepatan internet kamu dan menampilkan hasilnya dalam beberapa detik.

2. Menggunakan aplikasi penguji kecepatan internet

Selain menggunakan situs web, kamu juga bisa menggunakan aplikasi penguji kecepatan internet. Ada banyak aplikasi penguji kecepatan internet yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Cara menggunakan aplikasi penguji kecepatan internet juga sangat mudah. Kamu cukup membuka aplikasi tersebut dan klik tombol “Start“. Aplikasi tersebut akan melakukan tes kecepatan internet kamu dan menampilkan hasil tes, termasuk kecepatan unduh dan kecepatan unggah. 

3. Menggunakan perintah terminal

Jika menggunakan perangkat komputer berbasis Linux, kamu juga bisa menggunakan perintah terminal untuk mengecek speed internet. Untuk melakukannya, buka Command Prompt dan ketik perintah “speedtest-cli”.

Perintah terminal tersebut akan menampilkan hasil tes kecepatan internet kamu, termasuk kecepatan download, upload, dan ping.

Tips Mengecek Speed Internet yang Akurat

Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan hasil tes kecepatan internet yang akurat:

1. Gunakan situs atau aplikasi yang terpercaya

Ada banyak situs dan aplikasi uji kecepatan internet yang tersedia secara gratis. Namun, tidak semua situs atau aplikasi ini akurat.

Oleh karena itu, kamu harus cermat memilih situs atau aplikasi yang terpercaya. Beberapa situs pengecekan speed internet yang umum digunakan yaitu Speedtest.net atau Fast.com.

2. Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan

Saat akan mengecek speed internet, tutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Sebab, aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan bandwidth internet, sehingga dapat menurunkan kecepatan internet.

3. Lakukan pada waktu yang tidak sibuk

Waktu puncak penggunaan internet seperti di sore hari atau malam hari dapat menyebabkan hasil tes yang tidak akurat. Hal ini karena jaringan internet mungkin akan lebih lambat dari biasanya, sehingga hasil uji kecepatan internet juga akan lebih rendah.

4. Gunakan perangkat yang berbeda

Jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung ke internet, lakukan tes speed internet pada setiap perangkat untuk memastikan bahwa semua perangkat mendapatkan kecepatan yang sama.

Namun, pastikan tidak ada perangkat lain seperti komputer atau TV yang menggunakan jaringan internet pada saat bersamaan dengan kamu melakukan tes kecepatan.

5. Hubungkan perangkat langsung ke router

Buat kamu yang menggunakan WiFi, menghubungkan perangkat langsung ke router bisa membantu mendapatkan hasil pengujian speed internet yang lebih akurat. Sebab, jarak dari router ke perangkat dapat mempengaruhi kecepatan internet

6. Lakukan tes kecepatan beberapa kali

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, lakukan uji speed internet beberapa kali dalam waktu yang berbeda. Hal ini dikarenakan hasil pengujian dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gangguan jaringan atau perangkat.

Jika mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa mendapatkan hasil pengecekan speed internet yang lebih akurat. Hasil pengujian ini dapat digunakan untuk membandingkan kecepatan internet kamu dengan yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet.

Dengan mengecek speed internet secara rutin, kamu bisa mengetahui apakah koneksi internet berfungsi dengan baik. Jika tidak mendapatkan kecepatan internet yang sesuai dengan harga yang dibayarkan, kamu bisa beralih ke penyedia layanan internet lainnya.

Ingin browsing, streaming, atau bermain game online tanpa nge-lag?  #PakeBiznet Lebih Cepat! Biznet Home Internet adalah solusi koneksi internet yang cepat dan stabil untuk kamu. 

Dengan berbagai macam paket internet yang ditawarkan, kamu bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Tersedia pilihan paket Home Internet dengan kecepatan up to 30 Mbps, Home Internet + IPTV dengan kecepatan up to 100 Mbps, dan paket Home Gamers up to 250 Mbps. 

Buat kamu yang hobi bermain game online, Biznet Home Internet juga menyediakan paket khusus dengan bandwidth hingga 250 Mbps dengan IP Public untuk bermain game sepuasnya tanpa nge-lag. Yuk, lihat jenis paket dan penawaran menarik lainnya di sini.