Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Apa Itu SSID (Service Set IDentifier), dan Bagaimana Cara Pengaturannya?

Apr 26, 2023

SSID merupakan singkatan dari Service Set IDentifier dan merupakan nama dari jaringan yang kamu gunakan. Jika kamu membuka daftar jaringan WiFi di laptop atau ponsel, akan terlihat daftar SSID. Router wireless atau access point akan menyiarkan SSID sehingga berbagai perangkat terdekat dapat menemukannya. Sehingga perangkat akan bisa menampilkan jaringan apapun yang tersedia di sekitarnya.

SSID dirancang untuk membedakan antara beberapa jaringan WiFi yang tersedia di suatu area, sehingga kamu dapat terhubung dengan koneksi WiFi yang sesuai. SSID Ini digunakan pada semua jenis titik akses WiFi, termasuk jaringan WiFi publik dan jaringan WiFi di rumah kamu.

Untuk itu, mengubah SSID dan kata sandi dari default adalah hal yang wajib dilakukan. Karena, selain bisa mengubah nama SSID sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu juga jadi tahu betul mana SSID kamu sendiri. Tapi, pastikan kamu jangan menaruh informasi pribadi kamu di SSID, seperti alamat rumah atau nama lengkap kamu ya.

Jika pada satu area terdapat dua jaringan dengan nama SSID yang sama, beberapa perangkat biasanya akan secara otomatis mencoba menghubungkan ke jaringan dengan sinyal yang lebih kuat. Namun, ada beberapa perangkat yang juga akan mencoba menghubungkannya ke jaringan yang pertama mereka lihat.

Untuk bisa menemukan SSID di berbagai perangkat, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

Windows

Klik ikon WiFi yang terletak di sudut kanan bawah pada taskbar kamu untuk membuka daftar jaringan atau SSID yang tersedia (SSID). SSID yang kamu sambungkan ditampilkan di bagian atas jendela.

macOS

Klik ikon WiFi yang terletak di sudut kanan atas pada taskbar untuk membuka daftar jaringan yang tersedia (SSID). Jaringan yang terhubung dengan perangkat kamu akan memiliki tanda centang di sebelahnya.

Android

Buka Pengaturan, lalu pilih “Wi-Fi”. Pilih SSID yang kamu inginkan, dan SSID yang berhasil tersambung akan ditampilkan dengan tulisan  connected atau terhubung.

iOS

Buka Pengaturan, lalu pilih  “Wi-Fi”. Jaringan (SSID) yang kamu sembunyikan akan memiliki tanda centang di sebelahnya. Jika ingin menghubungkan ke WiFi kamu sendiri tetapi tidak mengetahui SSID-nya, opsi terbaik adalah menghubungkan router ke komputer melalui kabel ethernet dan masuk ke halaman web-nya.

Nah, itulah pengertian dan beberapa cara mengatur SSID. Pastikan juga kamu menggunakan WiFi yang cepat dan stabil dari Biznet Home, karena didukung dengan infrastruktur  Fiber Optic terkini. Dengan kualitas layanan jaringan Internet yang handal, cakupan area yang luas, serta layanan konsumen yang benar-benar berdedikasi pada kepuasan konsumen, Biznet ingin memberikan pengalaman terbaik pada setiap pelanggan.

#PakeBiznet Lebih Cepat!