Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

5 Tips Streaming Video Anti Buffering

Mar 24, 2023

Menikmati video tutorial memasak makanan favorit di akhir pekan akan jadi aktivitas yang menyenangkan. Sembari menonton, kamu bisa mempraktekkan ilmu yang baru didapat. Persiapan alat dan bahan harus dilakukan dengan matang, sama dengan persiapan koneksi internet untuk streaming video tersebut. Jangan sampai video tutorial memasak yang kamu tonton berhenti di tengah jalan dan harus buffering dalam waktu yang lama.

Ketika streaming video, kunci utama dari keseruannya terletak pada dua hal. Pertama adalah kualitas video yang baik, lalu lancarnya video ketika diputar. Ketika dua hal ini terpenuhi, video apa saja yang kamu tonton akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Tentu untuk mendapatkan dua hal ini kamu bisa mengikuti beberapa tips yang akan disampaikan di poin-poin berikut.

Pastikan Cache Selalu Bersih

Cache sebenarnya berfungsi untuk mempercepat proses loading ketika memasuki satu situs secara berulang. Namun ketika terlalu banyak cache yang disimpan, maka hal ini bisa memperlambat kinerja browser yang kamu pakai. Maka penting untuk secara rutin membersihkan cache yang ada di browser kamu agar performa aplikasi yang kamu gunakan bisa optimal.

Cara membersihkan cache sebenarnya cukup mudah. Tinggal masuk ke menu History, kemudian pilih file yang akan dihapus, dan Clear History. Dengan begini, penyimpanan cache akan menjadi lebih longgar sehingga bisa memuat cache baru dari situs streaming video yang kamu akses.

Sesuaikan Kualitas Video dan Internet

Setiap provider internet yang kamu pakai memiliki kecepatan yang berbeda, serupa dengan stabilitas jaringannya. Jika kamu hanya memerlukan video streaming yang lancar, kamu bisa melakukan pengaturan pada kualitas video yang disaksikan. Misalnya saja, pilih video pada kualitas 360p atau 480p. Pada koneksi ideal, dua kualitas video ini bisa jadi titik paling lancar.

Tentu jika mencari kualitas video yang benar-benar baik, pada 1080p misalnya (atau lebih), kamu juga harus memiliki internet yang memiliki bandwidth besar dan stabil. Ada beberapa provider di Indonesia yang memiliki hal tersebut, hanya saja kamu harus cermat melihat paket, area cakupan, serta bandwidth yang dimiliki oleh provider tersebut. Sedikit desk research tak akan merugikan kok! 

Jika Memungkinkan, Kamu Bisa Download Dulu

Untuk beberapa platform streaming video, kamu bisa melakukan pengunduhan file video yang akan disaksikan. Tentu akan memakan sedikit waktu, namun setelah selesai diunduh kamu bisa memutar video tersebut tanpa harus terjeda dan buffering. Cara ini bisa dilakukan jika kamu tidak terlalu terburu-buru menyaksikan video tersebut.

Nah, pada fitur pengunduhan video, sebisa mungkin pilih kualitas maksimal dari file video yang dimiliki. Idealnya video yang diunduh akan nyaman disaksikan pada titik 720p atau 1080p. Jika ada kualitas yang lebih tinggi, kamu bisa memilihnya. Hal ini akan berbanding lurus dengan ukuran videonya ya, jadi pastikan kamu tetap memperhatikan kuota dan kualitas video yang diunduh.

Update Aplikasi Pendukung Streaming Video

Ketika melakukan streaming video, beberapa aplikasi akan secara otomatis digunakan oleh sistem di perangkat kamu untuk membuka dan memainkan video tersebut. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Flash Player. Nah, agar aktivitas menonton yang kamu lakukan lancar, pastikan aplikasi ini selalu up-to-date sehingga bisa memainkan video dengan lancar.

Pada banyak kejadian dimana video gagal dimainkan penyebabnya sangat sederhana, yakni aplikasi pendukung yang belum di-update. Maka dari itu, daripada harus terganggu ketika ingin streaming video, ada baiknya secara rutin memeriksa update aplikasi sejenis sehingga tidak menemukan hambatan.

Streaming Video dengan Provider Terbaik

Syarat utama dari streaming video dengan lancar dan menyenangkan adalah penggunaan layanan internet terbaik dari provider yang sudah kamu percaya. Kecepatan internet yang tinggi, stabilitas jaringan, serta layanan premium, semua ini bisa kamu dapatkan pada provider yang benar-benar berdedikasi memuaskan pelanggan.

Tentu dengan internet yang cepat dan stabil, kamu bisa streaming video pada kualitas terbaik dan tanpa harus buffering. Meski mungkin kamu harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih besar, namun jika dilihat dari value yang kamu dapat maka biaya ini rasanya tidak akan menjadi masalah. Pastikan layanan internet yang kamu pakai benar-benar optimal di daerahmu ya!

Konten berupa video agaknya kini sudah jadi konsumsi utama untuk sebagian besar orang. Mulai dari tutorial memasak, make up, tips dan trik, hingga berbagai informasi terbaru seputar kejadian yang ada di seluruh dunia. Untuk tetap dapat mengikuti informasi yang terus diperbarui, kamu perlu provider internet yang benar-benar handal.

Biznet Home, kini menawarkan banyak paket yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhanmu. Tak hanya streaming video, bahkan hingga browsing, pengunggahan file, hingga aktivitas gaming akan bisa berjalan optimal dengan paket yang ditawarkan karena provider ini memiliki infrastruktur Fiber Optic dan bandwidth upload download yang simetris. Dengan cakupan area yang luas, kualitas internet terbaik, serta pelayanan prima, pasang WiFi paling tepat dengan Biznet Home!