Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

5 Tips Mempercepat Koneksi Internet, Cocok untuk WFH!

Apr 14, 2023

Mempercepat koneksi Internet guna mendukung aktivitas WFH kamu mungkin bisa jadi cara tepat untuk dilakukan agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Salah satu solusinya adalah melakukan upgrade paket Internet. Tapi tahukah kamu bahwa ini bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi Internet yang kamu pakai? Ada beberapa hal sederhana lainnya yang bisa kamu coba, lho.

Koneksi Internet lambat merupakan hambatan utama bagi sebagian orang yang bekerja dari rumah. Bagaimana tidak? Kegiatan upload dokumen serta pencarian sumber dan inspirasi bisa terhambat, dan meeting yang harus dilakukan juga tidak bisa berjalan secara optimal. Keresahan ini lalu membuat banyak orang mencari tahu tentang berbagai cara untuk mempercepat koneksi Internet yang digunakan.

Nah, untuk merangkum beberapa temuan tersebut, kamu bisa menyimak beberapa tips mempercepat koneksi Internet berikut.

Gunakan Jaringan Terbaik

Jaringan yang kini telah tersedia di Indonesia sudah mencapai tahap 4G+, artinya jaringan ini lebih cepat dari jaringan 4G dan 3G yang sudah ada sebelumnya. Pastikan Internet yang kamu pakai berada pada jaringan ini, atau setidaknya jaringan maksimal yang bisa dijangkau di area tempat tinggal kamu.

Tidak jarang pengaturan default pada perangkat yang digunakan lebih memilih jaringan yang lebih rendah dari titik maksimal. Memang lebih terjamin stabilitasnya, namun tentu akan mengurangi kecepatan yang sebenarnya bisa kamu dapatkan. Kamu bisa memakai banyak situs atau aplikasi untuk memeriksa cakupan layanan yang ada di perangkatmu untuk mengetahui titik maksimal yang bisa didapat.

Melakukan Reset Koneksi Internet

Cara ini banyak dipilih untuk mempercepat koneksi Internet yang digunakan. Pernahkah kamu merasa bahwa Internet yang terhubung di perangkat semakin lama semakin menurun kecepatannya? Ini bisa diakibatkan karena koneksi yang digunakan mengalami penumpukan beban, hingga membuat suhu router atau modem yang digunakan meningkat.

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Pertama, kamu bisa mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik, lalu kembalikan ke pengaturan jaringan. Cara ini akan membuat layanan Internet yang kamu gunakan melakukan pengaturan ulang sehingga kembali ke kecepatan optimal.

Cara kedua yang bisa dilakukan ketika hambatan terjadi pada perangkat keras, disarankan untuk melakukan restart pada perangkat keras atau mematikan sejenak perangkat tersebut. Memang terdengar sangat kuno, tapi cara ini terbukti ampuh mengembalikan jaringan Internet yang menurun kecepatannya.

Mengatur Ulang Limitasi Bandwidth

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi Internet adalah melakukan limitasi bandwidth. Tidak jarang penyedia layanan yang kamu gunakan melakukan pembatasan bandwidth agar setiap perangkat memiliki kecepatan yang sama. Namun, pembatasan ini tidak mempertimbangkan jumlah perangkat yang terhubung.

Jadi ketika jaringan Internet hanya digunakan oleh perangkat yang kamu pakai, maka limitasi ini bisa diatur ulang guna mendapatkan kecepatan optimal. Kamu bisa melakukannya secara manual atau dengan mengaktifkan Quality of Service yang ada pada control panel perangkat yang kamu gunakan. Dengan begini, kamu bisa memaksimalkan kecepatan Internet yang ada dan membuat aktivitas WFH menjadi lebih nyaman.

Penggunaan VPN untuk Menunjang Aktivitas Ber-Internet

Sebenarnya cara ini bukan menjadi salah satu solusi yang disarankan pada pilihan utama, namun penggunaan VPN benar-benar dapat membantu mempercepat koneksi Internet kamu. Ketersediaan kapasitas layanan harus dibagi pada setiap pengguna, dan ini ditujukan untuk menyetarakan kecepatan yang bisa dinikmati.

Pada saat-saat tertentu ketika diperlukan, kamu bisa menggunakan VPN untuk mengganti alamat IP, sehingga kecepatan Internet bisa di-push ke titik yang lebih tinggi. Memang penggunaan VPN memiliki resiko keamanan, namun dengan pemilihan layanan yang tepat, kamu bisa menikmati koneksi Internet cepat, tanpa hambatan akses ke berbagai situs yang ada.

Plugin Ads-Blocker

Semakin berat situs yang kamu akses, maka semakin lambat pula kecepatan Internet yang kamu rasakan. Keberadaan iklan yang membanjiri laman yang kamu kunjungi bisa jadi penyebab atas lambatnya koneksi Internet yang kamu miliki. Untuk mengatasinya, gunakan plugin Ads-Blocker untuk membantu mengurangi jumlah iklan yang muncul. Kamu direkomendasikan untuk menggunakan fitur berbayar, agar memiliki jaminan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik.

Bekerja dari rumah adalah satu konsep kerja baru yang diterapkan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini. Penggunaan layanan Internet berkualitas jadi syarat mutlak, agar kegiatan bekerja dapat berjalan dengan lancar. Selain memilih layanan terbaik, kamu juga bisa menerapkan tips di atas agar aktivitasmu menjadi lebih nyaman.

Untuk membantu kamu mempercepat koneksi Internet, kamu bisa menggunakan layanan Internet dari Biznet Home yang sudah terbukti berkualitas. Layanan yang diberikan memungkinkan kamu sebagai pelanggan untuk mengakses Internet pada kecepatan tinggi dan stabilitas yang terjamin. Untuk mengetahui detail paket dan area layanannya, kamu bisa secara langsung mengunjungi situs resmi Biznet Home. Jangan lewatkan juga penawaran promo pemasangan paket Internet terjangkau plus layanan IPTV premium dari Biznet!

#PakeBiznet Lebih Cepat!