Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

10 Perbedaan Internet dan Intranet yang Perlu Kamu Tahu

Nov 9, 2023

Internet dan intranet sering kali disalahartikan sebagai suatu jaringan yang sama. Padahal, ada banyak perbedaan internet dan intranet dari berbagai aspek. 

Internet adalah jaringan publik yang dapat diakses oleh siapa saja, sedangkan intranet adalah jaringan pribadi yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu yang memiliki izin. Selain itu, masih banyak perbedaan internet dan intranet yang lainnya.

Agar kamu tidak keliru mengartikan keduanya, berikut ini ada beberapa perbedaan internet dan intranet yang perlu kamu pahami:

1. Cakupan akses

Perbedaan internet dan intranet yang pertama terletak pada cakupan aksesnya. Internet memiliki cakupan area yang jauh lebih luas daripada intranet. Jaringan internet bisa menghubungkan berbagai jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga penggunanya dapat mengakses berbagai informasi secara global.

Berkebalikan dari jaringan internet, jaringan intranet memiliki jangkauan yang terbatas karena merupakan jaringan pribadi. Intranet biasanya hanya digunakan dalam lingkup internal suatu organisasi atau perusahaan, di mana hanya bisa diakses oleh anggotanya.

2. Keamanan

Dari segi keamanan, terdapat perbedaan internet dan intranet yang mencolok. Internet memiliki keamanan yang lebih rendah dibandingkan intranet. Hal ini karena internet dapat diakses oleh semua orang, sehingga lebih rentan terhadap serangan hacker

Sementara itu, intranet memiliki keamanan yang lebih tinggi. Dalam penerapannya, intranet hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki izin.

3. Tujuan penggunaan

Tujuan penggunaan juga menjadi salah satu perbedaan internet dan intranet yang berikutnya. Internet digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk keperluan pribadi, bisnis, pendidikan, dan penelitian. 

Intranet digunakan untuk keperluan internal organisasi atau perusahaan, seperti untuk berbagi informasi, berkolaborasi, dan mengelola sumber daya.

4. Protokol

Protokol menjadi perbedaan internet dan intranet berikutnya. Internet menggunakan teknologi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Intranet juga menggunakan teknologi TCP/IP, tetapi biasanya menggunakan konfigurasi yang lebih sederhana.

5. Konten yang dapat diakses

Perbedaan internet dan intranet selanjutnya bisa dilihat dari segi konten yang dapat diakses. Internet umumnya menyediakan informasi tanpa batas dari situs web hingga aplikasi online

Sedangkan informasi yang tersedia di intranet sangat terbatas. Intranet biasanya berisi informasi internal, seperti dokumen perusahaan, informasi staf, dan alat kolaborasi.

6. Skala pengguna

Perbedaan internet dan intranet juga bisa dilihat dari skala penggunanya. Internet digunakan oleh jutaan bahkan miliaran pengguna di seluruh dunia. Di sisi lain, skala pengguna intranet lebih terbatas dibandingkan pengguna internet.

Pengguna intranet biasanya terdiri dari karyawan, mitra bisnis, atau pelanggan organisasi atau perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk berbagi informasi dan data internal, serta untuk mendukung berbagai proses bisnis.

7. Kecepatan akses

Ada perbedaan internet dan intranet yang cukup signifikan dari segi kecepatan akses yang ditentukan oleh kapasitas bandwidth. Internet memiliki kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar daripada intranet.

Kecepatan akses internet dapat bervariasi tergantung pada koneksi individu dan kondisi jaringan. Hal ini karena internet harus bisa menangani lalu lintas data dari seluruh dunia.

Sedangkan akses intranet memiliki bandwith yang lebih kecil dibandingkan internet. Namun, kapasitas bandwidth jaringan intranet dapat ditingkatkan dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih canggih.

8. Ketersediaan akses

Untuk mengakses internet, pengguna biasanya harus membayar biaya langganan ke penyedia layanan internet (ISP). Biaya langganan ini bervariasi tergantung pada kecepatan dan paket yang kamu pilih.

Adapun intranet biasanya sudah disediakan oleh organisasi atau perusahaan secara gratis. Sebab, intranet biasanya digunakan untuk berbagi informasi dan data internal perusahaan, sehingga tidak perlu dikenakan biaya langganan.

9. Perangkat keras dan software

Internet dapat menggunakan berbagai macam perangkat keras dan software. Intranet biasanya menggunakan perangkat keras dan software yang sama dengan internet, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan tertentu.

10. Kapasitas transfer data

Internet memiliki cakupan yang lebih luas, sehingga membutuhkan kapasitas maksimum transfer data (bandwidth) yang lebih besar untuk mendukung kebutuhan pengguna yang beragam. Hal ini menyebabkan biaya penggunaan internet menjadi lebih tinggi daripada intranet.

Mengingat intranet memiliki cakupan yang lebih sempit, maka intranet membutuhkan bandwidth yang lebih kecil daripada internet. Dengan begitu, biaya pemakaiannya juga lebih rendah jika dibandingkan internet.

Itu dia sejumlah perbedaan internet dan intranet yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan mengenai jaringan komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa intranet dan internet memiliki fungsi yang berbeda. 

Internet dibutuhkan untuk mengakses informasi yang luas dan kompleks, sedangkan intranet dibutuhkan untuk menjaga efektivitas dan kerahasiaan informasi. Meskipun terdapat beberapa perbedaan internet dan intranet, keduanya dapat digunakan untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan mendistribusikan konten.

Jika mencari layanan internet yang cepat dan stabil, kamu bisa pasang WiFi rumahan Biznet Home yang menawarkan bandwith hingga 250 Mbps. Biznet Home adalah solusi internet rumah yang menawarkan kecepatan internet yang tinggi, stabil, dan kuota unlimited.

Layanan WiFi dari Biznet Home menggunakan teknologi fiber optic dengan kecepatan internet yang tinggi dan stabil, sehingga kamu dapat melakukan berbagai aktivitas digital seperti dengan lancar tanpa hambatan. 

Dengan harga mulai dari Rp 250.000 per bulan, kamu sudah bisa menikmati akses internet dengan kecepatan hingga 30 Mbps di wilayah Jawa, Bali, Batam, dan Bangka. Dengan berbagai kelebihannya, Biznet Home cocok untuk berbagai kebutuhan digital di rumah. Ayo #PakeBiznet sekarang juga untuk pengalaman akses internet yang lebih cepat.