Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Provider Internet Rumah yang Bagus dengan Kecepatan Stabil

Aug 8, 2023

Gaya hidup digital terus menunjukkan peningkatan, membuat internet terasa seperti kebutuhan primer. Bahkan, di area rumah sekalipun harus tersedia jaringan internet demi menunjang kelancaran rutinitas harian.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hadirlah provider internet rumah menawarkan paket murah. Apa itu provider internet? Simak penjelasannya di bawah ini, lengkap dengan tips memilih provider internet rumah yang bagus.

Sekilas Tentang Provider Internet Rumah

Provider internet adalah perusahaan yang menyediakan layanan yang berhubungan dengan internet, baik dalam jangkauan nasional maupun internasional kepada pengguna.

Dalam proses kerjanya, koneksi internet dihubungkan dengan internet provider (penyedia layanan internet) untuk kebutuhan teknologi yang berperan penting dalam menunjang aktivitas. Mulai dari bekerja, berbisnis, belajar, hingga hiburan.

Sebelumnya sudah diketahui pengertian dari provider internet, lantas apa yang dimaksud dengan provider internet rumah? Sesuai dengan namanya, artinya penyedia layanan memberikan akses internet yang dapat diakses di sekitar area rumah-rumah pelanggan.

Agar area rumah mendapatkan akses internet dari provider, pengguna memerlukan perangkat tambahan seperti modem atau router. Alat ini akan menjadi perantara yang menghubungkan koneksi internet dari provider ke perangkat PC atau gadget.

Keuntungan Menggunakan Provider Internet Rumah

Berikut ini adalah beberapa keuntungan memilih provider internet rumah.

1. Efisien untuk Kebutuhan Keluarga

Di rumah, ada banyak anggota keluarga. Dengan adanya fasilitas internet khusus untuk kebutuhan rumah, pastinya lebih efisien tanpa perlu berbagi jaringan internet dari smartphone.

Selain itu, perangkat yang tersambung juga tidak terbatas. Bukan hanya smartphone, tapi juga tablet, laptop, dan komputer.

2. Internetan Sepuasnya

Internet rumah biasanya unlimited, yang artinya tidak ada batasan kuota. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengakses file besar atau streaming video secara real-time.

Karena sifatnya yang unlimited, kuota tidak akan habis meski digunakan terus menerus.

3. Bersosialisasi Tanpa Batas

Dengan adanya provider internet rumah unlimited, kegiatan komunikasi dapat dilakukan kapan saja tanpa batasan jarak dan waktu, baik itu melalui aplikasi chat ataupun media sosial. Sehingga hubungan dengan keluarga, saudara, atau teman yang sedang berada di lokasi sangat jauh pun tetap saling terhubung.

4. Pekerjaan atau Kegiatan Belajar Jadi Lancar

Kini, kegiatan bekerja ataupun belajar secara online sudah banyak diterapkan. Artinya, koneksi internet dengan kapasitas yang besar pun dibutuhkan guna melancarkan kegiatan tersebut.

Menggunakan akses internet HP jelas terbatas, maka solusi terbaik adalah dengan berlangganan akses internet WiFi yang khusus diperuntukkan untuk kebutuhan perumahan.

5. Nyaman Seharian Mengakses Hiburan

Tidak melulu untuk keperluan pekerjaan, layanan provider spesialisasi jaringan internet rumah juga mampu memenuhi kebutuhan hiburan di rumah. Semua kegiatan hiburan yang memerlukan kuota besar dapat diakses secara bebas, tanpa khawatir paket data akan berkurang. Mulai dari menonton film hingga bermain game. Termasuk mengakses smart TV agar bisa menonton lebih nyaman.

Tips Memilih Provider Internet Rumah yang Bagus

Berlangganan provider internet rumah haruslah yang terbaik, dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Survei dulu Reputasi Provider Internet

Sebelum memutuskan berlangganan, sangat penting untuk mempertimbangkan reputasi dari provider internet. Kamu boleh saja terpesona dengan janji manis yang diberikan, namun bagaimana dengan kenyataannya? Apakah pelanggannya puas dengan layanan yang diberikan?

Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengeceknya melalui kolom-kolom komentar di berbagai halaman media sosial resmi dari provider internet tersebut. Dalam proses survei ini, tidak perlu mencari provider yang sempurna, tetapi pertimbangkan mana sekiranya kekurangan dari provider tersebut yang bisa kamu toleransi.

2. Pastikan Rumah dalam Cakupan Area Wilayah Provider

Apabila sudah memutuskan untuk berlangganan di provider terbaik, berikutnya pastikan cakupan area wilayah provider.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengakses situs resmi penyedia layanan internet tersebut. Biasanya, informasi ini akan ditampilkan di halaman depan. Cari nama kota tempat kamu tinggal, apakah sudah masuk ke dalam wilayah provider atau tidak.

3. Bandingkan Jumlah Perangkat

Pertimbangan selanjutnya yaitu memilih paket. Saat memilih paket, kamu harus tahu berapa jumlah perangkat yang dapat terhubung. Kemudian, jenis perangkat apa yang dapat terhubung.

Merupakan pilihan yang bagus apabila layanan mencakup sambungan perangkat televisi, lengkap dengan paket TV kabel. Sehingga kamu sekeluarga bisa mengakses hiburan yang beragam dalam layar lebar yang lebih memuaskan.

4. Cek Kecepatan dan Bandwidth

Kecepatan dan bandwidth tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Dari segi kecepatan harus stabil, sementara bandwidth harus memiliki kapasitas yang besar. Dengan memiliki kedua kriteria tersebut, mengakses banyak konten secara bersamaan pun tidak akan menjadi masalah.

5. Bandingkan Harga

Setelah mempertimbangkan beberapa hal tadi, jangan lupa membandingkan biaya. Pilihlah paket yang paling memenuhi kebutuhan dengan biaya yang terjangkau.

Provider internet terbaik biasanya menawarkan biaya serta layanan yang sudah disesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

6. Pertimbangkan Fitur Tambahan

Terlepas dari harganya yang murah, jangan lupakan fitur-fitur tambahan dalam masing-masing paket yang ditawarkan. Bisa jadi paket dengan harga lebih tinggi memberikan keuntungan lebih banyak dari segi pengguna, serta layanan tambahan seperti telepon, penyimpanan data, hingga TV kabel.

Biznet Home merupakan provider internet rumah tepercaya di Indonesia. Kuotanya unlimited untuk 1-40 pengguna aktif, dengan kecepatan stabil antara 30-250 Mbps.

Selain itu, jaringannya sudah tersebar luas di seluruh negeri. Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Menariknya lagi, masing-masing paket dilengkapi dengan hadiah akses gratis Biznet WiFi dan Video, serta merchandise eksklusif Biznet Shopping Bag. Ambil kesempatan ini sekarang juga!